Kamis, 19 November 2020

0

Tips dan Trik Untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Lingkungan Pada Anak Sejak Dini

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

www.pexels.com

Lingkungan hidup adalah hal yang penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Agar kita tetap dapat tinggal dengan nyaman dan tenteram, kita perlu menjaga kelestarian lingkungan hidup kita dengan baik. Sayangnya, sebagian besar dari manusia seringkali belum memiliki kesadaran untuk menjaganya dan hanya memikirkan diri mereka sendiri untuk mendapatkan keuntungan dari hasil kekayaan alam tanpa menghiraukan dampaknya bagi lingkungan.

Untuk mengurangi ketidakpedulian tersebut, kita harus menumbuhkan rasa cinta lingkungan kepada anak-anak sejak dini. Memang cukup sulit untuk mengajari mereka mengenai hal tersebut, karena perlu kesabaran ekstra agar dapat mendapatkan perhatian dan membuat mereka memahami apa yang kita maksud. Namun, apabila nilai-nilai kepedulian telah tertanam dengan baik. Kedepannya diharapkan mereka mampu menjaga lingkungan dengan baik.

Berikut merupakan beberapa contoh yang dapat kita lakukan sebagai orangtua untuk meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan hidup kita:

1. Bermain di Alam

Dengan bermain di alam, kita akan lebih mudah dalam memberikan gambaran mengenai lingkungan yang harus kita jaga. Tentu sambil bermain, kita juga harus mengedukasi mereka tentang tanggungjawab manusia untuk menjaga lingkungan hidup mereka sendiri, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak asal mencabut tanaman liar, tidak mengotori atau merusak lingkungan, dsb.

2. Menjadi contoh yang baik bagi Anak

www.pexels.com

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang-orang di dekat mereka. Dengan memberikan contoh yang baik tentang perilaku untuk menjaga lingkungan, mereka akan meniru perilaku yang baik tersebut. Namun, tetap harus diberikan pengawasan dan arahan supaya perilaku mereka sesuai dengan yang kita inginkan.

3. Mengajarkan Anak untuk Berkebun

Apabila Anda memiliki taman di rumah, berkebun merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Selain itu, melalui berkebun, kita dapat mengajarkan mereka tanggungjawab untuk merawat tanaman yang mereka tanam, dari mengurus tanah tempat menanam, memberikan pupuk, menyirami tanaman setiap hari, dan akhirnya dapat memanen hasil dari tanaman tersebut. Kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian mereka terhadap tanaman tersebut beserta lingkungannya.

4. Ajari untuk Menghemat air dan listrik

www.pexels.com

Tidak membuang-buang air , mematikan barang elektronik yang tidak digunakan, mematikan lampu di ruangan, dll. merupakan beberapa contoh perilaku yang dapat kita ajarkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

5. Memberikan barang-barang kepada yang lebih membutuhkan

Apabila mempunyai barang yang tidak dibutuhkan, seperti pakaian, sebaiknya mengajak anak untuk menyumbangkannya ke panti asuhan atau badan yang membutuhkan barang-barang tersebut. Dengan berbagi, anak-anak akan lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya dan lebih menghargai barang-barang yang dimilikinya.

Beberapa hal diatas merupakan cara untuk mengajak anak-anak lebih mencintai lingkungan hidupnya. Orangtua harus menjadi contoh yang baik bagi anak sehingga penting untuk selalu mengawasi dan memberikan arahan untuk anak agar mereka lebih peduli dengan lingkungan.

 

Baca juga

Penanaman Rumput Vertiver

Road sweeper ini akan digunakan untuk menyapu jalan protokol pada beberapa rute. Sehingga

Apa komentar kamu?

Dinas Lingkungan Hidup merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang Lingkungan Hidup, bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sub urusan persampahan dan air limbah serta bidang Kehutanan

Kategori

Berita terbaru

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang