Kegiatan-kegiatan manusia yang menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan seharusnya dapat menggerakkan hati setiap individu untuk menjaga, mengelola, dan melestarikan lingkungan sekitar guna keberlangsungan hidup manusia. Sebagai salah satu upaya dalam melestarikan lingkungan hidup yaitu dengan melalui pendidikan. Sekolah sebagai institusi diharapkan mampu memberi kontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan lingkungan hidup kepada peserta didik sehingga akan menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Salah satu caranya ialah melalui Program Adiwiyata.
Pengertian Adiwiyata
Menurut Buku Panduan Adiwiyata, (2010:2) Kata Adiwiyata berasal dari kata Sanskerta Adi dan Wiyata. Kata Adi bermakna besar, baik, ideal atau sempurna. Sedangkan Wiyata bermakna tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Adiwiyata merupakan tempat yang baik dan ideal guna memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju kepada cita–cita pengembangan pembangunan berkelanjutan (Panduan Adiwiyata, 2010:3).
Secara lebih terfokus, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata (Permen Adiwiyata) mendefinisikan Program Adiwiyata sebagai program untuk mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.
Prinsip Program Adiwiyata
Prinsip program Adiwiyata sebagai berikut:
1) Edukatif, dapat memberikan pengetahuan dan etika mengenai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam kehidupan,
2) Partisipatif, komunitas yang ada disekolah ikut terlibat baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran masing-masing, dan
3) Berkelanjutan, program Adiwiyata yang dilaksanakan harus dilakukan secara terencana dan terus
menerus.
Tujuan Program Adiwiyata
Secara spesifik, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kemendikbud (2011, hlm. 3) menyatakan bahwa tujuan program adiwiyata yang tertuang dalam buku panduan Adiwiyata 2011 adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Dalam tujuan tersebut pemerintah berharap lahir sekolah-sekolah yang berbudidaya lingkungan, dalam hal ini sekolah yang dapat membentuk warga sekolahnya mempunyai budaya memelihara, memperhatikan dan
mencintai lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitarnya. Selanjutnya program Adiwiyata diharapkan dapat membentuk dan mengembangkan norma-norma dasar dalam berprilaku dan berkarakter diantaranya, kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan dan kelestarian lingkungan hidup. Program sekolah Adiwiyata memiliki peran strategis dalam peningkatan kepedulian lingkungan hidup yang sedang mengalami kemorosotan berat dewasa ini. Dengan tujuan dan peran tersebut, kontribusi program Adiwiyata terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan sangat mungkin terwujud.