Kamis, 19 November 2020

Penting 5 Manfaat Menjaga Kebersihan

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

wrodpress.com

Manfaat menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman, itulah salah satu hadits yang harus dijadikan pedoman oleh umat islam, dimana jika ingin beriman dia juga harus memelihara kebersihan. Lingkungan yang bersih adalah dambaan semua warga. Dengan bersih, mereka dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman. Kebersihan memiliki manfaat positif bagi mereka yang menjaganya, berikut 5 manfaat lingkungan yang bersih bagi masyarakat:

  1. Terhindar dari Ancaman Banjir

Banjir adalah salah satu dampak buruk dari lingkungan yang tidak bersih. Penyebab banjir yaitu kaena membuang sampah tidak pada tempatnya, yang mengakibatkan banyaknya sampah yang berserakan dimana-mana. Sehingga ketika terjadi hujan, sampah tersebut akan diseret oleh air dan menutupi lubang selokan, yang mengakibatkan air tidak dapat mengalir dengan sempurna. Dengan begitu air akan menggenangi duatu jalan bahkan perumahan. Air akan surut beberapa waktu kemudian, ada yang hitungan jam bahkan ada yang hitungan hari.

Sangat seram bukan, jika tinggal di daerah rawan banjir. Kita akan kesulitan untuk melakukan aktivitas kita. Sebaliknya, dengan kebersihan kita mampu menghindari banjir tersebut.

  1. Terhindar dari Penyakit Menular

Penyakit menular dampak lingkungan kotor adalah DBD, diare, dan tipes. Penyakit tersebut jika tidak diobati dengan benar akan berujung pada kematian. Banyak masyarakat yang takut terhadap ancaman, namun masih sedikit yang melakukan pencegahan terhadap faktor risiko penyakit tersebut. Hal ini yang mengakibatkan, masih banyaknya penyakit yang disebabkan karena lingkungan yang tidak bersih. Hanya kerugian yang kita dapatkan jika tidak menghindari penyakit tersebut.

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, BAB sembarangan, dan lain sebagianya, kita mampu untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut. Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tetram.

  1. Lingkungan Menjadi Lebih Rapi dan Nyaman Untuk di Tempati

Ketika kita memperhatikan dan mengolah kawasan kumuh yang berada disuatu daerah, kita akan merasa tidak nyaman untuk memperhatikannya. Bukan hanya itu, mendekat saja kita merasa enggan. Karena bau yang ditimbulkannya. Seperti itulah penilaian orang terhadap lingkungan yang tidak bersih.

Orang akan memberi penilaian terhadap diri kita jika mereka melihat tampak luar dari diri kita, seperti kawasan yang ditempati. Agar orang atau tamu-tamu kita merasa tidak enggan untuk memasuki kawasan rumah kita, sebaiknya kita menjaga kebersihan lingkungan. Tidak sulit untuk memulainya, hanya dengan membuang sampah pada tempatnya terlebih dahulu. Dengan begitu lingkungan kita akan menjadi lebih rapi dan nyaman untuk dilihat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kebersihan adalah modal utama kesehatan jasmani dan rohani. Terdapat kutipan dari puisi Satire yang ditulis indah oleh Decimus Iunius Iuvenalis, seorang penyair dan filosofi Romawi yang berbunyi “Mens Sana In Corpore Sano” atau yang berarti, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ia menegaskan bahwa manfaat budaya bersih sebuah bangsa mencerminkan kemajuan berpikir bangsa tersebut.

Sudut pandang bersih yang sederhana berasal dari rumah kita sendiri. Rumah yang bersih akan mendatangkan energi ketenangan dan kekuatan serta kesehatan, baik itu sehat jasmani maupun rohani.

  1. Memelihara Kerukunan antar Tetangga

Kerukunan antar tetangga dapat dipelihara jika kita memiliki lingkungan yang bersih. Mengapa demikian? Sebab kita ketahui bahwa dalam lingkungan yang bersih akan memberikan energi positif pada hati kita. Dimana kita akan menularkan energi positif kita kepada lawan bicara kita. Nah, dengan begitu kita akan semakin akrab dengan tetangga-tetangga kita.

Baca juga

Pembuatan TPA Berbasis Teknologi

TPA atau Tempat Pembuangan Akhir pada prinsipnya dibangun dengan berbasis teknologi. Pembuatan

4 Komentar

  • Shifa Risna Sari
    Selasa, 5 Januari 2021

    Dari artikel tersebut memberitahukan kepada kita semua bahwasanya kita harus selalu menjaga kebersihan supaya kita terhindar dari yang tidak diinginkan seperti bahaya banjir, penularan penyakit dan lain sebagainya,karena dengan kita selalu menjaga kebersihan maka kita akan sehat aman dan juga nyaman dan tentunya terhindar dari segala hal tidak diinginkan.

  • Senin, 25 Januari 2021

    Manfaat menjaga lingkungan sekitar berampak baik bagi diri sendiri dan orang lain. kita menjaga merawat dan berkontribusi untuk alam sekitar.

  • Meri Gobai
    Rabu, 24 November 2021

    Lingkungan kesehatan soal jawaban itu apa

  • Selasa, 12 Juli 2022

    Selain menghasilkan lingkungan yang asri dan nyaman dengan menjaga lingkungan menjauhkan dari sumber penyakit. Artikel ini sangat bermanfaat

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang