Kamis, 19 November 2020

0

Pelestarian Kampung Kauman Kota Semarang Sebagai Kawasan Wisata Budaya

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

dolandolen.com

Berlibur ke Kampung Kauman Kota Semarang  sangat menarik untuk dilakukan. Hari libur merupakan hari yang selalu ditunggu- tunggu semua kalangan. Begitu juga dengan kamu bukan ?  Pilihan berbagai destinasi mesti kamu dipikirkan jauh-jauh hari. Setelah itu tentukan juga dengan siapa kamu akan menghabiskan  hari liburmu. Tentunya akan sangat berarti jika kamu ditemani orang yang kamu sayangi seperti teman, sahabat, pacar maupun keluarga.

Salah satu kota yang mempunyai aneka wisata adalah kota Semarang. Kota pesona Asia ini menawarkan ragam destinasi seperti pantai, hutan, gunung, air terjun, dan wisata alam lainnya. Jika kamu ingin mencari destinasi baru, mungkin kamu bisa mencoba destinasi bernuansa religi atau budaya.

Kampung Kauman salah satunya. Tempat ini terkenal sebagai kampung santri dengan segala kenangan budaya yang khas didalamnya. Pelestarian kampung Kauman dapat digunakan sebagai kawasan wisata budaya. Berikut simak informasi seputar kampung Kauman.

pegipegi.com

Sejarah Kampung Kauman

Kauman adalah sebutan untuk tempat yang masuk dalam tatanan kota di setiap daerah Jawa. Terbentuknya kampung Kauman berawal dari Ki Ageng Pandanaran dalam memberikan karater islami yang begitu kental pada tempat tersebut. Kampung Kauman Semarang terletak di pusat kota. Pada kampung ini , hidup beragam etnis dari berbagai daerah , jadi tidak berasal dari jawa saja. Keharmonisasian penduduknya menjadi  ciri khas kampung ini . Dampak aktivitas ekonomi di sekitarnya, membuat kampung Kauman berubah menjadi kawasan yang dipenuhi dengan aktivitas perdangangan dan jasa. Hal ini juga menggeser rumah khas pedesaan menjadi jajaran toko atau ruko yang terbentang di jalan raya Kauman. Untuk melestarikan kebudayaannya, masyarakat setempat berkomitmen menjaga segala jenis tradisi yang ada.

Dahulu terjadi diskriminasi ras di Kota semarang. Terdapat 2 tipe ras.  Kampung Kauman terkenal sebagai tempat penghuni ras kedua, khususnya ras arab. Berdasarkan sejarah, dimulai dari zaman kerajaan demak hingga zaman kerajaan mataram telah menjadikan Kauman sebagai tipologi central.  Tempat kumpulan elite agama ini letaknya terkesan diwajibkan berada antara alun-alun dan masjid. Perkembangan zaman lambat laun merubah tempat ini. Kekhasannya sebagai kampung santri mulai bergese sejak adanya  kegiatan perdagangan dan jasa .

Hal yang menarik tentang kampung Kauman

  1. Pondok pesantren

Pondok pesantren Raudatul Qur-an berdiri di kawasan kampung Kauman. Seluruh aktivitas agamis yang rutin membuat keberadaan pondok pesantren ini menjadi alasan kuatnya suasana islamik yang begitu kental di kampung Kauman.

  1. Tradisi dugderan

Tradisi dugderan merupakan hasil budaya yang unik dari kampung Kauman. Tradisi ini bertujuan untuk menyambut bulan Ramadhan. Kegiatan yang dilakukan berupa karnaval yang diikuti oleh warga Semarang. Tradisi ini menjadi acara nasional yang sering dinanti oleh masyarakat.

  1. Masjid Agung Kauman

Masjid agung Kauman tergolong dalam masjid tua yang berada di Jawa. Berdirinya masjid ini serta peninggalan prasasti didalamnya,  menunjukan bahwa dahulu Kauman merupakan salah satu pusat peradaban islam. Masjid ini juga mngukir sejarah yang unik. Mimbar masjid didalamnya merupakan tempat dimana diumumkan kemerdekaan Indonesia tepat pada tanggal 17 Agustus 1945.

  1. Rumah tradisional

Rumah-rumah yang unik berbahan  kayu dengan ukuran yang cukup besar mengisi berbagai titik di kawasan kampung ini. Meskipun telah terpengaruh oleh kehidupan sosial yang semakin maju, beberapa rumah tradisional yang ada mampu bertahan. Nuansa yang didapat dari rumah itu seakan membawa kita ke zaman peradaban islam tahun silam.

  1. Pasar Johar

Pasar yang terletak di Kota Semarang ini merupakan pusat perbelanjaan yang diminati sejak dahulu. Aktivitas perdagangan dan jasa mempengaruhi perubahan sosial dan budaya Kampung Kauman. Bangunan lama ini menunjukan ciri khas Kauman pada zamannya. Namun sayang, beberapa waktu lalu terjadi kebakaran yang menyebabkan pasar Johar tak seontentik dulu.

Berbagai hal menarik yang dimiliki kampung Kauman Semarang sangat patut untuk dilestarikan. Semuanya merupakan bukti identitas kampung penuh sejarah ini. Pelestarian kampung Kauman akan menjadikan tempat ini sebagai kawasan wisata budaya yang ada di Semarang.

 

Baca juga

3 Unsur Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terbentuk karena adanya penggabungan antara benda hidup dan benda mati.

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang