Kamis, 19 November 2020

0

Mengenal 5 Manfaat Ruang Terbuka Hijau Bagi Kehidupan

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Source: www.asedino.wordpress.com

Ruang terbuka hijau merupakan satu wilayah yang bentuk yang berbentuk memanjang dan berupa jalur yang ditumbuhi berbagai macam tanaman dan pohon yang rimbun. Pemanfaatan ruang terbuka hijau ini pun turut diatur dalam suatu UU Nomor 26 Tahun 2007, bahwa sekitar 30% kawasan di perkotaan harus memiliki RTH dengan komposisi sebanyak 20% digunakan di ruang publik dan sisanya 10% untuk privat. Biasanya RTH akan dikelola oleh pemerintah sebagai lokasi-lokasi umum bagi masyarakat seperti taman kota, hutan terbuka dan lain sebagainya. Mari mengenal lebih jauh tentang manfaat ruang terbuka hijau bagi kehidupan dengan membaca rangkuman dari DLH Semarang berikut ini.

Source: www.jateng.tribunnews.com

  1. Fungsi Ekologi Ruang Terbuka Hijau

Ruang terbuka hijau berfunsi sebagai paru-paru dari sebuah kota atau wilayah. Hal ini dikarenakan seluruh tumbuhan yang ada pada RTH dapat menyerap karbondioksida (CO2), menghasilkan oksigen, menurunkan suhu dan memberikan suasana sejuk serta menajadi area resapan air.

 

  1. Menjadi Lokasi Rekreasi yang Menyenangkan

Penataan ruang terbuka hijau yang sedemikian rupa oleh pemerintah membuat kita dan keluarga dapat menghabiskan waktu disana. Ruang terbuka hijau juga dapat dijadikan arena olahraga ataupun bersantai sambil mengerjakan tugas.

 

  1. Fungsi Estetika Ruang Terbuka Hijau

Dengan adanya ruang terbuka hijau, baik pemukiman, kawasan perkantoran, sekolah dan bangunan lainnya dapat terlihat lebih indah dan asri. Pemandangan hijau dari pepohonan dan udara sejuk juga bisa meremam perasaan jenuh setelah beraktifitas seharian.

 

  1. Fungsi Planologi Ruang Terbuka Hijau

Ruang Terbuka Hijau mampu menjadi pembatas antara satu ruang dengan ruang lainnya yang berbeda fungsi dan kegunaannya.

 

  1. Memenuhi Fungsi Pendidikan dan Ekonomis

Ruang terbuka hijau memiliki banyak jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai sarana belajar siswa-siswi. Mereka juga akan belajar mencintai dan menjaga kelestarian alam lingkungan. Jika dilihat dari segi ekonomis, ruang terbuka hijau tentulah memiliki nilai jual dan konsumsi yang cukup menjanjikan. Baik itu dari tanaman bunga, buah-buahan ataupun kayu.

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang