Kamis, 19 November 2020

Ini Dia Keindahan Nan Eksotis Rawa Pening, Yuk Kesini

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

liputan6.com

Pernahkah Anda mendengar atau berkunjung ke Rawa Pening? Jika belum, Anda wajib mencoba berwisata ke tempat tersebut. Keindahan rawa Pening dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata ketika Anda berkunjung ke Semarang. Rawa Pening merupakan salah tempat wisata yang ada di Jawa Tengah, lebih tepatnya berada di kabupaten Semarang.

Rawa Pening menyajikan panorama danau yang membentang luas. Menempati empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu: Kecamatan Bawen, Ambarawa,  Tuntang, dan Banyubiru. Berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran.

Rawa Pening merupakan danau alami dengan luas sekitar 2.670 hektar. Sayangnya, hampir setengah dari luas Rawa Pening dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondhok. Enceng gondhok bermanfaat bagi ikan dan biota air lainnya untuk berlindung dari paparan sinar matahari. Beragam upaya telah dilakukan, seperti dengan memanfaatkan daun enceng gondhok untuk membuat suatu kerajinan. Akan tetapi, cara tersebut kurang optimal, karena laju pertumbuhan enceng gondhok begitu cepat. Walaupun demikian, banyaknya tumbuhan tersebut tidak mengurangi keindahan Rawa Pening.

Selain dijadikan tempat wisata, masyarakat di sekitar danau memanfaatkan Rawa Pening untuk memancing dan mencari ikan dengan menggunakan jala oleh nelayan. Banyak warga sekitar yang berprofesi menjadi nelayan. Tak mengherankan apabila banyak perahu nelayan yang berada di tengah dan tepian danau. Hal itu semakin menambah keindahan rawa pening ini.

Jika Anda penasaran ingin merasakan nuansa berada di air rawa, kalian dapat mencoba mengitari Rawa Pening dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga. Biaya yang dikeluarkan cukup murah, Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000,- saja. Dengan biaya segitu, Anda akan dibawa mengelilingi Rawa Pening selama 40 menit. Sensasi yang patut Anda coba, berkeliling di atas air yang dikelilingi enceng gondhok.

4.bp.blogspot.com

Bagaimana Cara Menuju ke Objek Wisata Rawa Pening?

Untuk menuju ke kawasan Rawa Pening Anda dapat melalui Ambarawa. Dari monument palagan Ambarawa, kemudian menuju arah ke Banyubiru. Ikuti petunjuk jalan yang ada, maka Anda akan sampai pada tujuan Anda yaitu Rawa Pening. Rawa Pening berada tidak jauh dari jalan raya.

Fasilitas yang disediakan

Saat Anda sampai di Rawa Pening, Anda akan disuguhkan dan disambut dengan adanya Kampung Rawa. Di sekitar kawasan inilah yang mendirikan dan mengelola Kampung Rawa. Di kawasan ini terdapat juga rumah makan apung

Selain rumah makan apung, tersedia juga wahana bermai, seperti becak mini, perahu karet, bebek air, serta wisata perahu yang mengelilingi danau Rawa Pening. Untuk menikmati wahana permainan tersebut, Anda akan dikenakan biaya yang tentunya tidak akan berat di kantong Anda.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata Rawa Pening mulai dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Biaya tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp. 2.500,- per orang. Biaya yang sangat murah.

Tempat Wisata Sekitar Rawa Pening

Saat anda berkunjung ke Rawa Pening, jangan sampai lupa datang pula ke objek wisata yang berada di sekitarnya. Berikut ini beberapa tempat wisata yang berada di sekitar Rawa Pening.

  1. Wisata Bukit Cinta, objek wisata Bukit Cinta berada di sebelah barat dya Danau Rawa Pening.
  1. Museum Kereta Api Ambarawa, yang terletak 3,8 km dari Rawa Pening
  2. Gua Maria Kerep, yang terletak 4,5 km dari Rawa Pening
  3. Umbul Sido Mukti. Terletak 11,1 km dari dari Rawa Pening

Nah, sudah tahu bukan mengenai wisata Rawa Pening? Jangan lupa masukkan tempat ini sebagai salah satu tujuan liburanmu! Keindahan nan eksotis Rawa Pening akan memanjakan mata Anda dan menyegarkan fikiran Anda.

Baca juga

1 Komentar

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang