Kamis, 19 November 2020

0

Gesits Motor Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Gesits motor ramah lingkungan – Pemanasan global yang semakin dirasa dampaknya membuat beberapa negara mulai menciptakan kendaraan dan transportasi yang ramah lingkungan. Asap kendaraan bermotor diyakini sebagai penyumbang pemanasan global yang saat ini terjadi. Asap pabrik, pencemaran udara dan banyaknya rumah kaca juga menjadi faktor pendorong munculnya global warming tersebut. Oleh sebab itu saat ini banyak negara yang berinovasi dengan menciptakan kendaraan dan transportasi yang ramah lingkungan. Yang dimaksud ramah lingkungan adalah asap dari transportasi atau kendaraan tersebut tidak akan menimbulkan pencemaan udara yang diyakini bisa menyebabkan pemanasan global semakin bertambah parah. Salah satu negara yang menciptakan kendaraan ramah lingkungan adalah Indonesia. Di tahun ini, Indonesia menciptakan Gesits motor ramah lingkungan yang bisa menjadi salah satu pilihan alat transportasi.

image-beritabuana.com

Gesits menggunakan Teknologi Ramah Lingkungan

Gesits atau singkatan dari Garasindo Electric Scooter ITS adalah karya anak bangsa, yang mana lahir dikarenakan lingkungan di Indonesia akhir-akhir ini semakin ekstrem dan mulai tercemar dengan ditandai banyaknya pencemaran udara, selain itu kebutuhan akan bahan bakar minyak menjadi lebih tinggi padahal jumlahnya sangat terbatas dan tidak bisa diperbarui. Jika nanti bahan bakar minyak tersebut sampai langka dan habis, Indonesia juga akan merasakan dampaknya. Oleh sebab itu Gesits ini akan menjawab tantangan dari beberapa produsen kendaraan dari luar negeri yang sudah berhasil menciptakan kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan.

Gesits sudah mulai diproduksi pada tahun 2017 ini, namun untuk pemasarannya akan dipasarkan dalam waktu satu sampai dengan dua tahun ke depan. Dengan menggunakan Gesits kebutuhan BBM bisa menjadi berkurang sehingga polutan yang dihasilkan di udara pun semakin berkurang. Menggunakan teknologi listrik membuat Gesits tidak akan mengeluarkan emisi gas buang. Akselerasi dari motor Gesits bisa mencapai 100 km/jam sehingga motor tersebut memiliki performa setara dengan motor matic dengan mesin 125 cc. Hal tersebut mematahkan mitos kalau motor yang dibekali dengan teknologi ramah lingkungan performanya di bawah rata-rata.

Gesits motor ramah lingkungan ini dibekali dengan daya listrik sebesar 5 KW yang digunakan sebagai pengganti bahan bakar. Baterai Lithium Ion pun bisa membuat performanya semakin tangguh. Dengan melakukan pengisian ulang sebanyak satu kali saja, Anda sudah bisa mengendarai motor ini dengan jarak 80 sampai dengan 100 km. Pengisian dayanya tidak memakan waktu lama cukup 1,5 sampai dengan 3 jam motor Gesits dayanya akan penuh terisi. Keunggulan lainnya adalah bodynya yang sporty dan dilengkapi dengan panel indikator khusus Smartphone berbasis Android. Fungsi dari panel ini adalah digunakan sebagai penampil informasi dari status motor Gesits tersebut.

image-elshinta.com

Gesits diciptakan oleh ITS atau Institut Teknologi Surabaya kemudian PT Garasindo menyokongnya dan memberikan dukungan. Dalam menciptakan motor ini PT Grasindo telah bekerja sama dengan 59 pemasok komponen sepeda motor. Gesits diperkirakan akan dipasarkan di pasar nasional pada tahun 2019 dengan harga perkiraan 15 jutaan.

Semoga dengan hadirnya Gesits motor ramah lingkungan tersebut pencemaran udara di Indonesia semakin berkurang dan efek global warming bisa dikurangi.

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang