Kamis, 19 November 2020

0

Cara Jitu Mengolah Sampah Rumah Tangga yang Bisa dilakukan Sendiri

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Jika kita membicarakan tentang sampah tentu tidak akan ada habisnya, karena sampah merupakan kotoran yang dihasilkan oleh manusia setiap hari bahkan setiap detik. Sampah juga salah satu masalah terbesar khususnya kota-kota metropolitan seperti Jakarta. Rumah tangga merupakan salah satu penghasil sampah dengan volume yang cukup besar namun sebenarnya kita dapat mengurangi jumlah sampah rumah tangga yang kita produksi dengan cara mengolah sampah rumah tangga dengan cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi sampah rumah tangga yang dapat dilakukan.

Menggunakan tas kain untuk berbelanja

Ketika kita menggunakan tas kain untuk berbelanja, itu berarti kita tidak membutuhkan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan kita dan itu berarti kita mengurangi produksi sampah rumah tangga berupa sampah plastik.

Mengolah Sampah Rumah Tangga yang Bisa dilakukan Sendiri

image-nu.or.id

Bank sampah

Merupakan salah satu cara mengurangi sampah rumah tangga yang ada dengan memisahkan jenis sampah untuk memudahkan pengolahannya.

Mengolah Sampah Rumah Tangga yang Bisa dilakukan Sendiri

image – beritasatu.com

Tips Mendaur ulang sampah yang ada

Cara ini merupakan salah satu cara jitu mengolah sampah rumah tangga yang bisa dilakukan sendiri. Dengan memisahkan jenis sampah kita bisa mendaur ulang sampah yang ada, misal kita dapat mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos yang di perlukan oleh tanaman. Selain sebagai pupuk kompos, sampah organik juga bisa diolah menjadi briket atau semacam bahan bakar yang dapat digunakan untuk keperluan memasak. Sedangkan cara mengolah sampah rumah tangga jenis non organik adalah dengan cara reuse, reduce, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih memiliki nilai guna untuk fungsi yang sama atau bahkan fungsi yang lainnya. Contoh, menggunakan botol bekas untuk tempat gula atau bumbu dapur lainnya. Reduce mengurangi penggunaan barang sekali pakai yang kemudian langsung buang. Sedangkan recycle adalah mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang mempunyai nilai guna atau bahkan nilai jual.

 

Tips Mendaur ulang limbah cair

Sampah yang dihasilkan rumah tangga bukan hanya limbah padat melainkan limbah cair juga yang dihasilkan dari kamar mandi, dan dapur tetapi tidak termasuk kloset atau buangan. Limbah cair tersebut bisa kita olah kembali menjadi air bersih dan bisa di gunakan untuk kepentingan lain selain memasak, misal menyiram kloset, menyiram tanaman, mencuci kendaraan dan lain-lain. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat saluran pengolahan limbah cair kamar mandi dan dapur kemudian dialirkan ke sumur resapan.

Itulah beberapa tips untuk mengolah sampah rumah tangga yang bisa dilakukan sendiri. Semoga tips di atas bisa membatu mengatasi masalah sampah rumah tangga yang ada di lingkungan sekitar dan dapat  diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2023. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang