Kamis, 19 November 2020

Car Free Day Semarang

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Tidak asing lagi jika kota besar memiliki penduduk yang hidup berdesakan atau sebut saja kepadatan penduduknya tinggi, setiap dari individu penduduk tersebut seringkali memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga mereka setidaknya memiliki kendaraan bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk melakukan segala aktivitas yang harus dilakukan. Dari mulai bekerja, sekolah, kuliah, dan masih banyak aktivitas lainnya. Car Free Day (CFD), merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan di Kota Semarang.

Kapan Car Free Day Semarang Diadakan?

CFD selalu dilakukan rutin setiap Hari Minggu. Kegiatan ini dilakukan dengan menutup beberapa jalan protokol yang ada di kota Semarang dan melarang kendaraan bermotor untuk melewati jalur tersebut.

Jalur Car Free Day Semarang berada di dua tempat yaitu di jalan pemuda dan jalan pahlawan.

Dengan mempertimbangkan masyarakat yang jauh dari lokasi tersebut yang juga turut ingin menikmati Car Free Day, untuk itu Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang membuat jadwal CFD Semarang dimulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 pagi.

Kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai acara olah raga bersama teman maupun keluarga sambil menikmati suasana pagi yang segar tanpa polusi.

Anda bisa melakukan joging, senam berkuda, bersepatu roda maupun bersepeda di sepanjang jalur yang disediakan.

Jam car free day semarang dimulai pada pagi hari oleh sebab itu setelah berolah raga tentunya perut lapar, kamu tak perlu khawatir dan tak perlu harus pulang kerumah hanya untuk sekedar sarapan.

Selain berolahraga, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi pedagang untuk menjual segala produk baik makanan ringan maupun makanan berat.

Jadi berbagai menu untuk sarapan telah tersedia, tinggal kamu pilih saja menu yang ingin kamu santap bersama teman maupun keluar. Tak hanya makanan, ada juga beberapa orang yang menjual pakaian hingga menjual benda-benda unik yang sedang hits.

Bukan dari kalangan pedangang saja, banyak juga mahasiswa yang melakukan dana usaha dengan menjual beberapa produk kreatifitas mereka untuk memenuhi dana program kerja atau event yang diadakan oleh organisasi yang mereka ikuti.

Car Free Day – Ikon Kota Semarang

Kegiatan car free day dapat juga dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang mempunyai makna peringatan.

Puncak keramaian kegiatan justru kadang dikarenakan ada kegiatan seperti kampanye atau karnaval dalam rangka memperingati hari-hari tertentu.

Misalnya saja peringatan hari Bumi. Berbondong-bondong komunitas pecinta alam yang berasal dari mahasiswa maupun lembaga lainnya turun ke arena untuk menyuarakan berbagai nasehat dalam melindungi bumi.

Mereka melakukan karnaval dengan kostum yang bertemakan bumi, melakukan orasi, hingga melakukan teatrikal menarik.

Untuk menyampaikan sebuah ajakan, car free day memang fasilitas yang cocok , pengunjung ramai dan berasal dari berbagai kalangan.

Tak hanya itu, jenis acara serupapun banyak dilakukan seperti, hari peringatan anak nasional, hari lingkungan hidup, hari pramuka dan masih banyak lagi.

Car free day Semarang tak pernah sepi pengunjung.

Car free day Simpang Lima merupakan ikon Semarang, membuat pengunjung tak hanya berasal dari warga lokal, namun pengunjung juga berasal dari berbagai wisatawan yang sengaja datang untuk menikmati acara ini sambil berwisata.

Banyak wisatawan yang menyempatkan untuk keliling kawasan simpang lima ini dengan berjalan kaki.

Jika kamu ingin berkeliling juga namun lelah untuk berjalan kaki, tak usah khawatir, kamu bisa mengelilinginya menggunakan becak.

Baca juga

1 Komentar

  • Dadang
    Sabtu, 22 Agustus 2020

    Alhamdulillah kesadaran teradap ketertiban di berbagai lingkungan sudah banyak direalisasikan semoga bermanfaat terus bagi generasi emas Indonesia.
    Saran usulan untuk pemerintah pusat tolong segera dibentuk Persatuan Penata Pinggir Jalan Raya Nasional (PPPJRN). Terima kasih

Apa komentar kamu?

Dinas Lingkungan Hidup merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang Lingkungan Hidup, bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sub urusan persampahan dan air limbah serta bidang Kehutanan

Kategori

Berita terbaru

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang