Kamis, 19 November 2020

0

Aksi Tanam Seribu Pohon Oleh Pelajar Indonesia

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Aksi tanam seribu pohon oleh pelajar – Pohon bisa hidup tanpa bantuan manusia karena bisa mengolah makanannya sendiri sedangkan manusia tidak bisa hidup tanpa pohon. Oleh sebab itulah tindakan penghijauan ini sangat penting bagi manusia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah aksi tanam seribu pohon oleh pelajar. Aksi tanam seribu pohon tersebut lebih sering dilakukan pada saat hari bumi. Untuk membuat bumi semakin hijau maka penanaman seribu pohon tersebut akan dilakukan mengingat bumi yang semakin tua dan semakin meningkatnya polusi udara maka penghijauan bumi tersebut harus selalu dilakukan.

Aksi Tanam Seribu Pohon Oleh Pelajar Indonesia

Aksi Menanam Seribu Pohon

Aksi tanam seribu pohon oleh pelajar pernah dilakukan oleh pelajar SMP Negeri 1 Lembang dan didampingi oleh penggiat lingkungan yang mana melakukan penanaman di Gunung Putri, Lembang Bandung Barat. Cara penanamannya pun sama seperti dengan penanaman pohon seperti biasanya. Namun yang berbeda di sini adalah lokasinya. Lokasi penanaman seribu pohon ini biasanya dilakukan di area hutan yang lahannya masih gersang sehingga nantinya hutan tersebut bisa hijau kembali dan bisa memiliki banyak manfaat khususnya untuk kehidupan manusia di masa depan. Sebelum melakukan penanaman, pihak sekolah dan penggiat lingkungan telah berdiskusi dan mengurus berbagai macam izin untuk bisa melakukan penanaman seribu pohon tersebut terutama jika hutan yang akan ditanami masih milik perhutani. Namun ada juga yang menanam di pinggir laut, di sepanjang jalan atau di sekitar lingkungan sekolah.

Aksi Tanam Seribu Pohon Oleh Pelajar Indonesia

Apa Saja Manfaat

Banyak sekali manfaat yang akan bisa manusia dapatkan dari penanaman seribu pohon ini misalnya saja adalah menjaga struktur tanah agar tidak terkena erosi terutama saat hujan datang, menghindari bencana alam terutama tanah longsor, menjaga udara tetap bersih sebab semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak oksigen yang akan dihasilkan, menjaga kelestarian fauna yang ada di Indonesia dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Memang manfaatnya tidak bisa dirasakan langsung, namun beberapa tahun ke depan ketika pohon tersebut sudah tumbuh dengan besar.
Aksi Tanam Seribu Pohon Oleh Pelajar Indonesia

Pengaruh Untuk Lingkungan Hidup

Selain manfaat, penanaman seribu pohon ini memiliki pengaruh terhadap bumi yang mana berhubungan langsung dengan manusia yang tinggal di dalamnya. Ketika banyak pohon ditanam, pengaruh nyatanya adalah menghindari efek dari global warming. Jangan menganggap sepele pemanasan global ini sebab jika bumi semakin panas maka es di kutub utara maupun selatan akan meleleh sehingga volume air di laut  semakin meningkat. Dengan menanam pohon bisa membuat gas karbondioksida tidak mencapai atmosfer bumi. Jika sampai ke atmosfer bumi bisa membuat panas terperangkap di atmosfer dan membuat suhu di permukaan bumi menjadi meningkat.

Aksi tanam seribu pohon oleh pelajar memang sebaiknya terus dicanangkan dan digalakkan, agar bumi bisa kembali hijau dan manfaatnya bisa dirasakan oleh manusia di masa depan.

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang