Kamis, 19 November 2020

0

3 Dampak Kekeringan di Indonesia dan Solusinya

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Dampak kekeringan di indonesia dan solusinya – Saat ini Indonesia sedang dilanda kekeringan terutama di daerah pegunungan. Indonesia sendiri terdapat dua musim yaitu penghujan dan kemarau. Kekeringan ini lebih sering terjadi di saat musim kemarau yang ditandai dengan sumber air seperti sumur, sungai, waduk dan aliran air lainnya kering bahkan sudah tidak ada debit air lagi di dalamnya. Sehingga untuk mencari air harus warga harus menempuh perjalanan yang jauh atau bisa juga membelinya dengan harga yang tidak murah. Berikut ini adalah beberapa dampak kekeringan di Indonesia dan solusinya yang patut diperhatikan:

Dampak Kekeringan di Indonesia dan Solusinya

image-tempo.co

Dampak Kekeringan di Indonesia

Ada banyak sekali dampak yang bisa terjadi akibat kekeringan yang terjadi di Indonesia. Agar dampak tersebut tidak berkelanjutan sudah sepatutnya dicari solusi yang efektif dan efisien. Berikut ini adalah dampak kekeringan di Indonesia yang patut untuk diwaspadai:

Sumber Air Minum Berkurang

Salah satu dampak kekeringan yang harus diwaspadai adalah kurangnya sumber air minum. Jika sumber air minum tidak tercukupi dengan baik manusia akan mengalami dehidrasi yang mana sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Selama ini manusia bisa bertahan beberapa hari tanpa makan, namun manusia tidak bisa bertahan lama akibat tidak minum. Kehidupan masyarakat yang dilanda kekeringan pun akan terancam.

Sumber Air untuk Kebutuhan Sehari-hari Berkurang

Dampak kekeringan selanjutnya yang patut untuk diwaspadai adalah sumber air untuk sehari-hari menjadi berkurang. Saat ini kekeringan menjadi ancaman yang serius dikarenakan jika hal ini terjadi terus menerus, kualitas hidup manusia yang terkena kekeringan akan menjadi menurun. Sebab kebutuhan air untuk MCK, memasak dan lain sebagainya tidak terpenuhi. Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Air adalah komponen penting bagi manusia sehingga tanpa air manusia tidak bisa bertahan hidup.

Banyak Tanaman Mati

Tanaman adalah salah satu sumber kehidupan bagi manusia. Saat musim kemarau seperti ini tanaman menjadi mati karena tidak ada air yang bisa digunakan sebagai sumber kehidupannya. Mungkin hanya beberapa tanaman saja yang bisa bertahan hidup seperti jati dan kaktus, selebihnya tanaman lain akan menjadi kering dan kemudian mati. Jika tanaman banyak yang mati maka polusi udara semakin marak, oksigen menjadi terbatas sehingga makhluk hidup bisa mudah mati.

Dampak Kekeringan di Indonesia dan Solusinya

image-tnhistoryforkids.org

Solusinya

Dampak kekeringan di Indonesia dan solusinya perlu diperhatikan tidak hanya oleh pemerintah saja namun juga masyarakat. Sehingga masyarakat dan pemerintah bahu membahu mengatasi kekeringan yang sedang terjadi di Indonesia. Berikut ini adalah solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi kekeringan:

  1. Membangun atau melakukan rehabilitasi terhadap jaringan irigasi.
  2. Pembuatan waduk buatan di beberapa daerah.
  3. Memelihara dan melakukan rehabilitasi terhadap konservasi lahan maupun air.
  4. Melakukan sosialisasi untuk penghematan air.
  5. Reboisasi hutan dan penghijauan di area pemukiman warga maupun di jalan besar.

Demikianlah dampak kekeringan di Indonesia dan solusinya yang wajib untuk diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2022. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang