Kamis, 19 November 2020

0

Tips Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan dan Eco-friendly

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Travelling menjadi salah satu jalan keluar untuk melepaskan penat setelah menjalani kesibukan. Tujuannya pun bermacam-macam, ada yang lebih memilih ke pantai untuk menikmati matahari terbenam, pasir pantai, atau sekadar merasakan ombak, Ada yang memilih ke gunung, serta memilih tempat wisata yang dimiliki daerah tertentu. Sayangnya, seringkali para traveller ini meninggalkan “jejak” di tempat yang mereka kunjungi, beberapa diantaranya disebabkan oleh kendaraan yang digunakan, meninggalkan sampah sembarangan, atau bahkan merusak apa yang ada disana baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Dengan demikian, sebagai pelancong yang baik, kita harus menjaga lingkungan tempat wisata dengan baik pula, berikut merupakan beberapa tips agar liburan kalian lebih eco-friendly :

1) Menggunakan Transportasi yang Efisien

Mulai pahami perbedaan masing-masing model transportasi, karena beberapa penerbangan memiliki efisiensi karbon yang berbeda satu sama lain. Menggunakan mobil listrik atau hybrid menjadi pilihan yang lebih efisien daripada pesawat ketika bertamasya bersama keluarga. Serta penggunaan transportasi umum dan sepeda, selain mengurangi kemacetan juga dapat mengurangi jumlah karbon yang diemisikan.

2) Reduce dan  Reuse

www.pexels.com

Kurangi penggunaan barang-barang ketika bepergian, hindari barang sekali pakai, misalnya ganti sedotan plastik dengan sedotan stainless, gunakan alat mandi sendiri ketika ke penginapan, dll. Selanjutnya, mulai gunakan barang-barang yang bisa digunakan kembali, misalnya penggunaan tumbler, menggunakan tas kain untuk belanja, gunakan baju beberapa kali, dll.

3) Mendukung Daerah Setempat

Selain berlibur, sempatkan untuk mengikuti kegiatan volunteering. Misalnya pembersihan pantai atau sungai, karena lebih banyak orang lebih menguntungkan ketika melakukan hal tersebut. Selain itu, bantu bisnis komunitas lokal dengan berbelanja produk mereka.

4) Hemat Energi

Hal yang dapat dilakukan untuk menghemat energi adalah dengan mematikan lampu atau alat elektronik yang tidak digunakan, cari penginapan yang tidak menggunakan AC sebagai pendingin, gunakan air seperlunya dan tidak memakai pemanas air untuk mandi, dll.

5) Hemat Air

Tips yang masih berhubungan dengan yang sebelumnya, menggunakan air seperlunya ketika mandi, misalnya dengan menghabiskan waktu lebih sedikit untuk mandi, memilih menggunakan shower bukan bathub, dll. Selanjutnya adalah tidak menggunakan jasa laundri hotel kecuali memang baju bekas pakai sudah banyak.

Sebagai penutup, travelling memang lebih banyak meninggalkan “jejak” lingkungan dibandingkan tinggal di rumah. Akan tetapi, bukan berarti ketika berlibur Anda tidak dapat membuatnya menjadi lebih eco-friendly. Kedepannya diharapkan Anda lebih mengikuti saran-saran diatas agar liburan menyenangkan, namun tetap berdampak pada lingkungan.

Baca juga

3 Unsur Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terbentuk karena adanya penggabungan antara benda hidup dan benda mati.

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang