Kamis, 19 November 2020

0

Tadinya Menimbulkan Emisi Buruk, Kini Diesel Sintetis Hadir Dengan Teknologi Ramah Lingkungan

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Mesin diesel berperan besar dalam membantu bidang transportasi baik di darat maupun di laut.

Akan tetapi seperti yang sudah kita ketahui, beberapa negara di Eropa dan Amerika melarang penggunaan mesin diesel ini akibat emisi efek rumah kaca dan polusi yang ditimbulkan dapat berpengaruh buruk bagi lingkungan.

Hal ini lah yang mendorong negara Jerman melakukan sebuah inovasi yaitu diesel sintetis yang ramah lingkungan.

Dan kabar baiknya lainnya adalah, beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa mesin diesel modern di masa kini sudah berhasil meredam emisi buruk sehingga mengurangi resiko bahaya bagi lingkungan.

www.liputan6.com

Meski mesin diesel pada mobil terkadang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para pengusaha otomotif untuk terus berinovasi dalam menciptakan mesin diesel yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Teknologi sudah makin canggih, upaya dalam menjaga lingkungan pun semakin terbantu.

Dalam perkembangannya, diesel sintetis yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar ini tetap masih memiliki beberapa kekurangan seperti getaran mesin yang lebih kencang, daya tarik yang tidak begitu kuat apabila mesin dalam kondisi dingin dan sedikit kurang responsif apabila dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin.

Namun seiring berjalannya waktu, teknologi-teknologi baru akan segera ditemukan guna membantu pengoptimalisasian diesel sintetis ini.

Seperti halnya negara Jerman yang sudah mulai menciptakan solusi dalam meredam getaran, kita juga butuh merawat mesin diesel dengan rutin agar performanya tetap baik.

Misalnya saja seperti perawatan solar yang bersih dan aki yang kuat.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka kemungkinan mesin diesel akan lebih peka terhadap bahan bakar, sehingga proses penyalaan atau stater pun akan lebih mudah dilakukan.

www.carmudi.co.id

Namun perubahan yang dibawa oleh diesel sintetis ramah lingkungan ini tidak serta-merta membuat masyarakat jatuh cinta.

Kebanyakan dari kita akan lebih memilih mesin dengan bahan bakar bensin dikarenakan biaya perawatannya yang jauh lebih terjangkau ketimbang mesin diesel.

Baca juga

3 Unsur Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terbentuk karena adanya penggabungan antara benda hidup dan benda mati.

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang