Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor-14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Semarang, dan Peraturan Walikota Nomor-72 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, disebutkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang lingkungan hidup. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tugas dan fungsi:

Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tugas membantu Walikota dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang Lingkungan Hidup, bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sub urusan persampahan dan air limbah serta bidang Kehutanan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah.

Dinas Lingkungan Hidup dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 menyelenggarakan fungsi:

  • Perumusan kebijakan Bidang Penataan Lingkungan, Bidang Pengelolaan Sampah, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Konservasi Lingkungan Hidup, Bidang Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan, dan UPTD;
  • Perumusan rencana strategis sesuai dengan visi dan misi Walikota;
  • Pengkoordinasian tugas-tugas dalam rangka pelaksanaan program/kegiatan Kesekretariatan, Bidang Penataan Lingkungan, Bidang Pengelolaan Sampah, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Konservasi Lingkungan Hidup, Bidang Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan, dan UPTD;
  • Penyelenggaraan pembinaan kepada bawahan dalam lingkup tanggungjawabnya;
  • Penyelenggaraan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai;
  • Penyelenggaraan kerjasama Bidang Penataan Lingkungan, Bidang Pengelolaan Sampah, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Konservasi Lingkungan Hidup, Bidang Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan, dan UPTD;
  • Penyelenggaraan kesekretariatan Dinas Lingkungan Hidup;
  • Penyelenggaraan program dan kegiatan Bidang Penataan Lingkungan, Bidang Pengelolaan Sampah, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Konservasi Lingkungan Hidup, Bidang Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan, dan UPTD;
  • Penyelenggaraan penilaian kinerja Pegawai;
  • Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan Bidang Penataan Lingkungan, Bidang Pengelolaan Sampah, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Konservasi Lingkungan Hidup, Bidang Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan, dan UPTD;
  • Penyelenggaraan laporan pelaksanaan program dan kegiatan; dan
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Walikota terkait dengan tugas dan fungsinya.

Kedudukan dan Susunan Organisasi

Dinas Lingkungan Hidup merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang Lingkungan Hidup, bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sub urusan persampahan dan air limbah serta bidang Kehutanan. Dinas Lingkungan Hidup, dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Susunan Organisasi Dinas Lingkungan Hidup terdiri atas:

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretariat, terdiri atas :
    • Subbagian Perencanaan dan Evaluasi;
    • Subbagian Keuangan dan Aset; dan
    • Subbagian Umum dan Kepegawaian.
  3. Bidang Bidang Penataan Lingkungan, terdiri atas :
    • Seksi Instrumen Penataan Lingkungan
    • Seksi Pengkajian Dampak Lingkungan; dan
    • Seksi Pencegahan Pencemaran B3 dan Limbah B3.
  4. Bidang Pengelolaan Sampah, terdiri atas :
    • Seksi Pengembangan Potensi dan Kemitraan;
    • Seksi Prasarana dan Sarana Pengelolaan Sampah; dan
    • Seksi Operasional Pengelolaan Sampah.
  5. Bidang Pengendalian Pencemaran dan Konservasi Lingkungan Hidup, terdiri atas :
    • Seksi Pengendalian Pencemaran dan Limbah Cair;
    • Seksi Konservasi Keanekaragaman Hayati; dan
    • Seksi Pemulihan Lingkungan dan Perubahan Iklim.
  6. Bidang Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan terdiri atas :
    • Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan
    • Seksi Pengawasan Lingkungan; dan
    • Seksi Pegembangan Kearifan Lokal dan Pemberdayaan.
  7. UPTD, terdiri atas :
    • UPTD Laboratorium Lingkungan;
    • UPTD Tempat Pemrosesan Akhir;
    • UPTD Pengelolaan Air Limbah;
    • UPTD Kebersihan Wilayah I;
    • UPTD Kebersihan Wilayah II;
    • UPTD Kebersihan Wilayah III;
    • UPTD Kebersihan Wilayah IV;
    • UPTD Kebersihan Wilayah V;
    • UPTD Kebersihan Wilayah VI;
    • UPTD Kebersihan Wilayah VII; dan
    • UPTD Kebersihan Wilayah VIII;
  8. Jabatan Fungsional.
  9. Bagan Organisasi Dinas Lingkungan Hidup.

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang