Kamis, 19 November 2020

Pentingnya Kerjasama Pemerintah dan Masyarakat untuk Menjaga Lingkungan Sehat

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

harianjogja.com

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Dengan demikian, menjaga lingkungan sehat tidak terlepas dari yang namanya kebersihan. Kebersihan dapat menimbulkan efek rasa nyaman bagi setiap penghuni di lingkungan hidup tersebut. Bayangkan saja jika rumah kotor, banyak genangan air di seklilingnya, sampah berserakan. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, tentu dapat meningkatkan resiko terserang penyakit. Misalnya saja demam berdarah, diare, dan penyakit lain yang ditimbukan akibat lingkungan tidak bersih.

Menciptakan lingkungan sehat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Tidak hanya tanggung jawab pemerintah, namun masyarakat pun wajib bekerjasama dan bahu-membahu dalam menjaga kebersihan demi menjaga lingkungan sehat.

Lalu, upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan sehat?

Upaya Menciptakan Lingkungan Sehat

Ada beberapa upaya menciptakan lingkungan sehat yang dapat dilakukan. Upaya ini tidak akan berhasil jika tidak adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Upaya tersebut antara lain:

httpsehatsuper.com

  1. Menjaga kebersihan diri sendiri.

Kebersihan dimulai dari diri sendiri. Misalnya, mandi dua kali sehari, senantiasa mengenakan pakaian bersih, mencuci tangan sebelum menyetuh makanan, dan hal lain yang membuat diri sendiri merasa nyaman dan sehat. Kebersihan diri mencerminkan malas tidaknya seseorang menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya. Bagaimana orang tersebut akan peduli terhadap kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan diri saja malas. Cara yang paling utama yaitu menjaga lingkungan sehat di sekolah harus ditanamkan pada anak usia dini.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan keluarga.

Selain menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan di lingkungan keluarga juga sebagai upaya menciptakan lingkungan sehat di rumah. Dan hal tersebut tidak kalah pentingnya. Lingkungan keluarga bersih, maka efek yang ditimbulkan juga baik bagi lingkungan di sekitarnya. Lingkungan di sekitar tidak akan merasa terganggu, karena lingkungan rumah Anda kotor. Di samping itu, menjaga kebersihan di lingkungan rumah juga dapat menghindari kemungkinan lingkungan di sekitar rumah terkena penyakit.

  1. Menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat.

Menjaga kebersihan lingkungan masyarakat agar tetap bersih dan sehat, adalah dengan menumbuhkan kesadaran terhadap arti pentingnya kebersihan bagi lingkungan hidup yang sehat. Hal kecil yang dapat dilakukan, misalnya membuang sampah pada tempatnya, mengadakan kerja bakti kebersihan lingkungan sekitar, memembuat penghijauan jalan, menjaga kebersihan di tempat umum seperti jalan, pasar, terminal bus, stasiun, dan tempat umum lainya.

  1. Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Merujuk pada peraturan Prsiden nomor 2 tahun 2015 mengenai rencana pembangunan jangka menengah nasional. Rencana pembangunan tersebut menekankan pada program penataan lingkungan kumuh dan mencegah timbulnya kawasan lingkungan kumuh yang baru. Untuk itu, setiap kota diwajibkan melaksanakan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh).

Sebagai contohnya, seperti yang dijalankan kota Semarang. Keberhasilan kota Semarang dalam mewujudkan lingkungan sehat di Semarang, tak lepas dari kerjasama pemerintah kota dan masyarakatnya. Sebagai contoh nyata adalah warga Kampung Gunung Brintik saling bekerjasama dan bahu-membahu dalam menjalankan program pemerintah untuk menjadikan kawasan di tempat itu menjadi bersih. Warga mencat rumah masing-masing dengan warna-warni. Kali dan selokan dibersihkan. Alhasil, tempat yang dulunya kotor dan kumuh itu, sekarang menjadi lingkungan yang bersih dan sehat. Bahkan dijadikan sebagai objek wisata daerah.

Dana untuk mewujudkan Kampung Gunung Grintik menjadi kawasan bersih dan lingkungan sehat di Semarang, tidak hanya berasal dari pemerintah saja. Akan tetapi, kesadaran masyarakat untuk melakukan swadaya. Dengan demikian, sangat penting untuk bekerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan sehat.

 

Baca juga

Hari Jadi Kota Semarang

Segenap Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, mengucapkan: Selamat Hari Jadi

1 Komentar

  • Salsabila
    Selasa, 11 Oktober 2022

    Mengapa situasi ke khawatiran atau kekuatan ini ada?
    Apa yang bisa dilakukan dalam kegiatan kerja sama ini

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang