Kamis, 19 November 2020

Mengintip Serunya Program Peduli Lingkungan Masyarakat Kota Semarang

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

blogspot.com

Program peduli lingkungan Pemerintah Kota Semarang telah mencanangkan berbagai program kebersihan dan kesehatan lingkungan. Perlombaan kebersihan juga diadakan Pemerintah untuk memacu semangat masyarakat Semarang untuk peduli lingkungan. Namun, program itu tidak akan berarti tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari masyarakat secara langsung. Berbagai aksi dan kegiatan diadakan oleh warga, namun tidak untuk perlombaan. Mereka benar-benar ingin menikmati lingkungan yang bersih dan sehat yang ada di sekitar mereka. Beberapa kegiatan masyarakat ini menjadi bukti bahwa masyarakat Semarang memang cinta lingkungan;

  1. Belajar Pengelolaan Sampah

Program penegelolaan sampah R3 di Kota Semarang mendapatkan dukungan yang baik dari masyarakat. Masyarakat Kota semarang benar-benar belajar bagaimana mengelola sampah dengan konsep R3. Selain sebagai kontribusi dalam perlombaan lingkungan bersih di Semarang, pembelajaran pengelolalaan sampah juga dilakukan demi tercapainya kualitas lingkungan yang bersih. Sebut saja salah satu golongan masyarakat seperti siswa-siswa sekolah. Ribuan siswa SD, SMP, dan SMA se-Kota Semarang mengikuti kegiatan edukasi pengelolaan sampah di Balaikota Semarang. Kegiatan edukasi ini meliputi pembuatan Landfilled Gas System (mengubah limbah sampah menjadi energi listrik 1,5 Megawatt) dan pembuatan instalasi pengolahan air limbah komunal. Pemberdayaan bank sampah dan pembentukan kelompok peduli lingkungan juga dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan edukasi. Sebagai generasi penerus, para siswa di Kota Semarang ingin memahami cara pengelolaan sampah yang benar sejak dini.

  1. Membersihkan Sungai

Program peduli lingkungandi semarang yaitu Masyarakat sekitar sungai di Kota Semarang telah melaksanakan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan sungai. Betapa terkejutnya mereka ketika salah satu masyarakat yang ada di Kota Semarang mendapati sampah yang banyak, setara dengan sampah se-bak truk. Ini disebabkan karena sampah-sampah dungai sudah mengendap di dalam lumpur sungai. Kemudian, setelah membersihkan sungai, masyarakat bekerja bakti memagari jembatan sungai yang biasanya sering dipakai untuk membuang sampah. Warga berharap kesadaran akan kebersihan sungai tidak hanya untuk warga sekitar sungai, tapi juga untuk seluruh masyarakat di Kota Semarang.

  1. Menjaga Kebersihan Saluran Air

Program kebersihan pemerintah kota semarang berkomitmen membebaskan Semarang dari banjir tidak akan bisa dilakukan secara optimal tanpa partisipasi langsung dari masyarkat. Masyarakat telah menggelar kerja bakati rutin di wilayahnya masing-masing. Mereka membersihkan saluran-saluran air yang tersumbat sampah, seperti parit, di daerah resapan air, dsb. Selanjutnya, mereka menjaga agar saluran-saluran air tetap bersih agar tidak banjir ketika musim hujan. Mengantisipasi banjir bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun tanggung jawab bersama. Sebab, warga akan kerepotan sendri ketika banjir melanda.

  1. Mengadakan Berbagai Aksi Kesehatan

Selain menciptakan lingkungan yang bersih, warga Semarang juga menciptakan lingkungan yang sehat. Masyarakat di Kota Semarang dinilai sering mengadakan berbagai aksi kesehatan. Aksi tersebut meliputi aksi donor darah, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan ibu hamil dan menyediakan rumah baca tentang kesehatan. Selain itu, terdapat banyak aksi kesehatan untuk lansia seperti senam lansia, jalan sehat lansia, lansia gemar berkebun, posyandu lansia, dan permainan anti kepikunan. Berbagai aksi ini adalah salah satu kontribusi masyarakat dalam mewujudkan Indonesia sehat.

  1. Aktif Dalam Komunitas Peduli Lingkungan

Di Kota Semarang, masyarakat membuat kelompok dan komunitas peduli lingkungan. Komunitas tersebut tidak hanya dari kalangan dewasa, tapi juga lansia, remaja, mahasiswa, dan para pelajar sekolah. Mereka aktif mengikuti kegiatan komunitas peduli lingkungan seperti gerakan menanam pohon, gerakan bebas sampah, green house, dsb. Mereka juga ikut berpartisipasi aktif pada program pemerintah yang berhubungan dengan lingkungan. Mereka juga sering menjadi sukarelawan dalam upaya kebersihan yang dilaksanakan di berbagai tempat, sperti di jalanan, di gunung, di sungai, dsb.

pojoksatu.id

Nah, sekilas tentang beberapa upaya dan aksi warga masyarakat Semarang diatas telah mengetuk hati untuk lebih mencintai lingkungan sekitar. Peduli lingkungan memang bukan hanya sebagai ajang perlombaan, namun bagaimana kepedulian itu benar-benar datang dari panggilan jiwa. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dijadikan teladan dan dilaksanakan di wilayah Anda masing-masing. Sebab, lingkungan yang bersih dan sehat akan membawa kesejahteraan bagi orang-orang yang tinggal disekitarnya. Tak ada ruginya menjadi rajin untuk bersih-bersih. Tempat yang kotor hanya akan membawa penyakit dan bencana bagi diri sendiri

Baca juga

Hari Lahir Pancasila

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap

6 Komentar

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang