Kamis, 19 November 2020

0

Mengenal Plogging, Aktivitas Menyehatkan dan Juga Ramah Lingkungan

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Sebuah trend aktivitas yang datang dari negara Swedia ini dikenal menyehatkan sekaligus ramah lingkungan. Plogging dapat diartikan sebagai aktivitas jogging yang dibarengi dengan aksi pungut sampah. Hal ini dimulai dari kepedulian segelintir orang yang hobi lari pagi tentang sampah yang ada di sekeliling mereka. Alhasil, mereka berniat untuk membantu membersihkan sampah-sampah yang ada pada sepanjang rute jogging. Caranya adalah dengan berhenti sejenak dan mengambil sampah disela-sela aktivitas jogging.

www.ilovelife.co.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam melakukan plogging, tidak ada aturan khusus yang harus diikuti. Anda bebas mengenakan pakaian apapun asal sesuai dan nyaman dengan aktivitas olahraga. Hanya saja, saat plogging Anda perlu membawa tas atau keranjang punggung yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sampah sementara sebelum membuangnya pada tempatnya. Apabila diperlukan, Anda juga bisa memakai sarung tangan agar terhindar dari bakteri yang menempel pada sampah. Kegiatan plogging ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, akan tetapi juga bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya, gerakan “stop-squat-and-pick-up trash” yang dilakukan saat plogging membuat Anda berada dalam posisi burpee, yaitu gerakkan dari posisi berdiri lalu membungkuk kemudian berdiri lagi. Dan terbukti bahwa gerakan burpee ini merupakan salah satu gerakan kebugaran yang paling berat sekaligus paling bermanfaat secara fisik.

www.straitstimes.com

Akan tetapi, dalam jangka panjang ternyata plogging ini juga membawa dampak yang sedikit mengkhawatirkan. Hal ini terjadi karena beban yang harus dipikul ketika berlari kemudian berhenti secara terus menerus dalam jarak dan tempo waktu yang lama. Akan tetapi jika hanya dilakukan dalam beberapa waktu saja, kegiatan ini justru bisa membuat badan lebih terasa bugar dan menghasilkan kepuasan diri sendiri ketika melihat lingkungan bersih dari sampah. Meski berawal dari Swedia, aktivitas plogging kini menjadi trend olahraga yang cukup digemari di berbagai negara. Plogging dapat dikategorikan sebagai aktivitas yang menyehatkan serta ramah lingkungan. Seperti sebuah peribahasa, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Begitu juga dengan plogging, sambil berolah raga Anda juga dapat berperan dalam menjaga lingkungan.

Baca juga

Selamat Hari Bumi Sedunia

Tema Hari Bumi Sedunia 2021 adalah “Restore Our Earth” atau Pulihkan Bumi

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang