Kamis, 19 November 2020

0

Kendala dan Solusi Mayarakat Terhadap Program Pengolahan Sampah Oleh Pemerintah

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

blogspot.com

Program Pengolahan Sampah Oleh Pemerintah Serta Solusi Untuk mengatasinya sangatlah banyak. Kendala bisa muncul darimana saja. Bisa dari pemerintahnya atau masyarakatnya. Tipe masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agak susah untuk dirubah. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menerapkan tata aturan baru pada sebuah masyarakat.

Berbagai macam kendala baik teknis maupun non-teknis akan sering dihadapi oleh masyarakat. Berbagai macam kendala yang dihadapi masyarakat tersebut dalam program pemerintah di antaranya sebagai berikut.

  1. Program sering dianggap bukan program pemerintah, namun program yang diadakan secara swadaya oleh organisasi non pemerintah. Sehingga masyarakat sering salah mengerti, akhirnya partisipasi masyarakat menjadi minim dan imbasnya pada program. Pogram pengelolaan sampah menjadi terkendala dan gagal. Oleh karenanya perlu adanya edukasi kepada masyarakat itu sendiri.
  2. Disamping itu ada berbagai pendapat masyarakat yang berbeda. Serta ada diskusi-diskusi kontroversial antara pro dan kontra mengenai keberhasilan dan kegagalan program serta dampak program terhadap proses pembangunan ekonomi sosial dan kelingkungan di daerah yang bersangkutan. Hal tersebut merupakan alasan yang mendesak untuk mengadakan perbaikan terhadap tata kelola sampah sehingga terciptalah lingkungan yang indah dan bersih serta bebas dari penyakit.
  3. Sikap masyarakat yang kurang terbuka dalam menghadapi perubahan. Masyarakat pedesaan sering dihadapkan pada perubahan yang tidak mereka mau. Untuk membiasakan diri buang sampah tidak di sembarang tempat misalnya, merupakan hal yang sulit. Namun bila program dijalankan terus meneru secara konsisten, dibarengi dengan pendampingan maka program akan berhasil.
  4. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang program yang sedang berjalan membuat program tak seratus persen berjalan dan berhasil.

Kriteria Pelaksanaan Program Pengelolaan Sampah

harianterbit.com

Kriteria program pengolahan sampah atau sasaran yang perlu diperhatikan untuk ditumbuhkan, dikembangkan, dan dibina dari peran serta masyarakat adalah sebagai berikut :

  • Untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan membina peran serta masyarakat secara terarah, yakni diperlukan program yang dilaksanakan secara konsisten, menyeluruh dan berdasar pada penyebar luasan ilmu pengetahuan, penggalian kesadaran, peneguhan sikap dan pembentukan perilaku yang baik pada masyarakat.
  • Produk hasil pelaksanaan program diharapkan dapat membentuk perilaku masyarakat sebagai berikut:
    • masyarakat memahami dan mengerti masalah seputar kebersihan lingkungan
    • masyarakat aktif berpartisipasi dalam mewujudkan kebersihan lingkungan bersama
    • masyarakat mau mengikuti prosedur / tata cara pemeliharaan dan perawatan kebersihan
    • masyarakat bersedia mengeluarkan biaya untuk pengelolaan sampah
    • masyarakat turut aktif menularkan kebiasaan hidup yang bersih pada anggota masyarakat lainnya pula
    • masyarakat secara aktif memberikan masukan ( saran-saran ) yang membangun seputar program pengelolaan sampah oleh pemerintah.

Strategi Untuk Meningkatkan Peran Serta Masyarakat

Strategi meningkatkan peran masyarakat dalam bidang kebersihan lingkungan dapat diterapkan melalui pendekatan secara edukatif dengan strategi 2 tahap, yaitu pengembangan petugas pendamping dan pengembangan masyarakat.

Pengembangan petugas dapat dilaksanakan dengan cara menemukan pola komunikasi yang tepat. Kemudian cara komunikasi tersebut dipertahankan seiring dengan berjalannya program kelingkungan yang ada. Seringkali program tidak berjalan dengan baik dikarenakan ada miss komunikasi ditingkat awal, yaitu di tingkat petugas pendamping.

Yang kedua tahap pengembangan masyarakat dalam mengolah sampah merupakan hal yang tersulit untuk dilakukan. Apalagi bila tipe masyarakat yang ada adalah tipikal masyarakat tradisional yang perlu diberikan pengertian secara berulang-ulang untuk kemudian bisa mengerti. Maka, pndampingan yang terus menerus perlu dilakukan.

Itulah tadi, artikel mengenai program pengelolaan sampah yang melibatkan masyarakat di dalamnya. Memang sejatinya kendala selalu ada dalam setiap program, namun bila diatasi dengan baik, maka akan menjadi baik. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2023. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang