Kamis, 19 November 2020

0

Kampanye Water Up Bantu Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Berawal dari beberapa komunitas di DC (digagas oleh George Washington University) yang mengadakan kampanye water up, nyatanya kampanye ini memang membawa dampak yang positif terutama dalam bidang kesehatan. Tingginya kebiasaan masyarkat terhadap konsumsi air gula menjadi alasan utama beberapa komunitas dari DC ini berinisiatif mengadakan kampanye water up.

www.lifestyle.kompas.com

Kegerakan kampanye ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia untuk lebih peduli tentang kesehatan, terlebih yang bersumber dari air. Kampanye water up ini pun dapat dimulai dari hal-hal sederhana seperti memesan air mineral ketika sedang makan di luar, mengganti kebiasaan konsumsi teh atau kopi di pagi hari dengan meminum air putih. Atau dalam jangkauan yang lebih luas, para pebisnis rumah makan / restoran pun dapat turut berkontribusi dengan cara menggratiskan air putih kepada para pelanggannya. Tentu saja lewat hal-hal sederhana seperti diatas sudah dapat membawa perubahan menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Jika kampanye water up masuk di wilayah negara Indonesia, maka pemerintah juga perlu memperhatikan beberapa daerah khusus yang memang mengalami krisis air bersih. Karena tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan konsumsi air putih di kalangan masyarakat, maka ada baiknya jika distribusi air bersih ke tempat-tempat terpencil atau daerah-daerah yang terkena dampak bencana alam harus ditingkatkan. Mengingat pentingnya konsumsi air bagi tubuh, kampanye water up ini dapat menjadi solusi yang baik dalam memperbaiki kesehatan masyarakat Indonesia.

 

(www.brilio.net)

 

 

 

 

 

 

 

Kepedulian pemerintah dalam mengelola sumber daya air bersih pun cukup patut diacungi jempol. Seperti yang dapat kita lihat, beberapa bendungan dan waduk untuk menampung air bersih telah dibangun. Kegiatan reboisasi pun terus dilaksanakan guna membantu menjaga kualitas dan kuantitas air pada tanah. Perlu digaris bawahi pula, jika seiring waktu setelah jalannya kampanye ini minat masyarakat dalam mengkonsumsi air meningkat, maka perlu antisipasi untuk menampung air bersih lebih banyak agar tidak terjadi kekurangan. PDAM pun turut menghimbau masyarakat agar selalu menampung air bersih ketika sedang mengalir. Jika memang nantinya ada kendala dari PDAM, maka masyarakat tidak perlu terlalu resah karena masih memiliki cadangan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga

Peringatan Hari Air Se-Dunia

Kegiatan bersama Komunitas Eco Enzym Nusantara dengan Penuangan Eco Enzyme secara ceremonial

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang