Kamis, 19 November 2020

Deretan Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Kreativitas anak bangsa memang tidak bisa terbantah lagi. Ini terbukti dengan telah banyaknya penemuan anak bangsa yang sangat berguna, terutama dalam bidang teknologi ramah lingkungan. Penemuan-penemuan mereka juga tidak hanya mendapat apresiasi dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Penasaran apa saja penemuan anak bangsa yang membanggakan? Simak 4 penemuan teknologi ramah lingkungan karya anak bangsa berikut ini.

1.Motor Listrik

Baru-baru ini Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dengan bangga memperkenalkan inovasi teknologi ramah lingkungan berupa motor listrik. Bukan tanpa tujuan, motor listrik ini diciptakan guna menunjang kampanye soal pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor. Inovasi motor listrik ini diakui Hendi merupakan buatan asli Semarang. Diharapkan inovasi ini dapat membantu mengurangi polusi di Kota Semarang.

www.semarang.bisnis.com

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Kompor Hidrogen

Dede Miftahul Anwar berhasil membuat sebuah terobosan teknologi baru berupa kompor berbahan hydrogen atau air yang lebih ramah lingkungan. Berawal dari masalah yang terjadi di kampungnya, Desa Cihambulu, Kabupaten Subang, yaitu langkanya ketersediaan bahan gas elpiji, Dede berusaha mencari solusinya yang berujung pada inovasi teknologi kompor hydrogen. Selain ramah lingkungan, karya anak bangsa yang satu ini juga jauh lebih efisien ketika digunakan pada keperluan sehari-hari.

3.Lemari Es Tanpa Listrik

Inovasi teknologi lainnya yaitu lemari es tanpa listrik berhasil dibuat oleh Arya dan Sanika ketika mengikuti World Creativity Festival Advanced Institue and Technology (KAIST) Daejon, Korea Selatan pada tahun 2015 silam. Keduanya menggunakan box sterofoam, kaleng biskuit sebagai tempat meletakkan sayur atau buah, pasir dan air dingin untuk menjaga kestabilan suhu. Tidak hanya mengharumkan nama bangsa, inovasi teknologi lemari es tanpa listrik ini juga akan membantu menjaga lingkungan alam kita.

4.Penyegar Udara Dari Kotoran Sapi

Dwi Nailul Izzah dan Rintya Aprianti Miki berhasil meraih kemenangan pada olimpiade sains dengan inovasi teknologi ramah lingkungan berupa penyegar udara dari kotoran sapi. Meski terbuat dari limbah, penyegar ruangan ini memiliki aroma tumbuh-tumbuhan alami. Temuan mereka pun baik untuk kesehatan dan lingkungan karena tidak mengandung zat kimia yang berbahaya. Pengharum ruangan cair ini aman digunakan karena berasal dari makanan sapi yang sudah dicerna dan diolah sedemikian rupa.

ww.calonpocong.blogspot.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.Lampu Seumur Hidup

Sebuah bakteri dapat diolah menjadi teknologi yang ramah lingkungan oleh Elok Fitriani Tauziat, Nurhasna Fauziyyah dan M. Alfian Arifin. Mereka memanfaatkan bakteri jenis Bioluminescence dan alat Biolie sebagai sumber cahaya yang dapat mencapai 10,68 watt. Inovasi teknologi ramah lingkungan ciptaan mereka ini dapat membantu mengurangi krisis listrik. Lampu seumur hidup ini akan bertahan lama jika Anda merawatnya dengan memberikan bakteri tersebut nutrisi berupa sayuran yang sudah difermentasi.

Baca juga

1 Komentar

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang