Kamis, 19 November 2020

Cara Membuat Kampung Sehat Agar Menjadi Tempat Tinggal Yang Bersih dan Nyaman

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

athba.net

Kampung sehat adalah tempat tinggal yang menciptakan kenangan yang indah, menantang dan ngangenin. Kita tinggal di kampung mulai dari kecil hingga saat ini. Meskipun harus merantau untuk melanjutkan kehidupan, akan tetapi kampung adalah tempat kembali kita ketika kita memiliki masalah yang menginginkan kita untuk singgah menghilangkan pikiran. Dengan kampung yang bersih, sehat dan nyaman akan mebuat hidup kita lebih berarti dan sejahtera. Berikut 5 ulasan untuk menjadikan kampung tempat tinggal menjadi kampung yang bersih, sehat, dan nyaman:

kompas.com

  1. Anjuran untuk mentaati peraturan yang ada dan memberikan sanksi bagi yang melanggar

Upaya peraturan kampung sehat dibuat untuk mengatur manusia agar berada pada jalan dan ranah yang benar dan sesuai peraturan yang ditetapkan. Dengan peraturan, semua manusia dapat hidup dengan aman dan sejahtera.

Mentaati peraturan yang ada adalah salah satu wujud untuk menciptakan kampung tempat tinggal yang bersih, sehat, dan nyaman. Peraturan yang dibuat juga tidak susah untuk dipatuhi. Semua itu demi kesejahteraan masyarakat. Jika melakukan pelanggaran, sebaiknya diberi sanksi. Hal ini bertujuan untuk menegakkan hukum secara adil dan menjadi peringatan bagi masyarakat yang mencoba untuk melanggar.

  1. Melakukan kerja bakti setiap bulan

Tidak perlu setiap hari, cukup sebulan sekali kita melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Kita dapat memulainya dengan membersihkan rumput yang mulai tinggi di sekitar rumah masing masing, kemudian di tempat-tempat umum seperti tempat beribadah dan pemakaman. Juga dengan mengumpulkan sampah-sampah yang masih berserakan atau yang ada di permukaan sungai. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit menular yang dapat merenggut jiwa kita.

  1. Merayakan hari besar negara dan keagamaan untuk menghidupkan suasana

Merayakan hari besar negara Indonesia seperti 17-an dengan mengadakan lomba-lomba yang menyenangkan mampu meningkatkan kebersamaan dan menghidupkan suasana kampung. Peserta yang diikutkan tidak hanya dari kalawangan remaja saja, melainkan ibu-ibu dan bapak-bapak. Keseruan akan menghiasi perayaan tersebut.

Selain itu, merayakan agama besar serta menghargai perayaan agama keyakinan lain mampu mengikat tali silaturrahmi dan mempererat tali persaudaraan antar tetangga. Hal ini dapat diwujudkan dengan tidak mengganggu perayaan keyakinan lain.

  1. Memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk belajar dan mendalami bakat sebagai lahan pekerjaan

Memberdayakan program masyarakat peduli kebersihan adalah salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk menambah lapangan pekerjaan. Tidak hanya memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mendalami bakat, akan tetapi juga mampu memberikan penghasilan untuk hidup mereka. Hal ini dapat dimulai dengan mengumpulkan ibu-ibu atau bapak-bapak untuk belajar bersama tentang cara berwirausaha. Setelah itu, mulai bekerja menjalankan wirausaha bersama-sama dengan saling tolong menolong. Sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai tinggi.

  1. Menyediakan fasilitas kesehatan serta mengadakan senam pagi setiap hari

Di negara Indonesia memililiki suatu kebiasaan makan nasi setiap hari, dan tidak dikatakan makan apabila, masih belum makan nasi. Kebiasaan ini tidak dibarengi dengan olah raga. Hal inilah yang menyebabkan penduduk Indonesia banyak yang memiliki tubuh obesitas atau kelebihan berat badan. Sedangakn obesitas sedniri memiliki resiko tinggi terserang penyakit.

Untuk menciptakan kampung yang sehat, pemerintah sebaiknya menyediakan sarana dan prasarana kampung sehat seperti olah raga, seperti taman yang didalamnya tersedia beberapa alat untuk olah raga. Sehingga masyarakat yang melihat hal itu akan mencoba sarana dan prasaranan tersebut. Dengan mencoba, mereka akan tertarik untuk menurunkan berat badan sesuai berat badan idealnya.

Selain itu, dengan adanya senam pagi setiap hari, badan akan terasa lebih ringan dan sehat jasmani maupun rohani.

Baca juga

2 Komentar

  • Senin, 11 Januari 2021

    Sayap Partai Pegawai Negeri Sipil : Korps Pemuda – Pemudi Partai Pegawai Negeri Sipil
    Aktivitas : Pembangunan Desa
    Kegiatan : Kampung Sehat

  • Dodi Setiawan
    Jumat, 22 September 2023

    artikelnya bagus dan menginspirasi kita agar hidup sehat dan bersih mulai dari lingkungan terkecil, terutama dalam pembuatan taman diwilayah kampung atau desa itu masih jarang khususnya diwilayah pelosok. semoga banyak masyarakat yang lebih peduli tentang lingkungannya agar kita semua sehat aman tentram dan nyaman

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang