Kamis, 19 November 2020

0

Apa Saja Manfaat Terumbu Karang?

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Sebagai salah satu organisme yang hidup di dalam ekosistem air laut, terumbu karang berasal dari sekumpulan hewan kecil berbentuk seperti tabung yang bersimbiosis dengan sekumpulan alga. Bagi kehidupan, manfaat terumbu karang sangatlah banyak, seperti berikut ini. 

Sebagai Bahan Baku Perhiasan Dan Industri 

Terumbu karang yang sangat keras, seperti terumbu karang batu, dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan aksesoris dan perhiasan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Selain itu, terumbu karang juga dapat digunakan sebagai bahan baku pada industri. 

Sebagai Bahan Baku Obat-Obatan 

Terumbu karang mengandung banyak zat kimia yang dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan bagi manusia. Sebelum dijadikan obat-obatan, tentunya terumbu karang tersebut diteliti terlebih dahulu. 

Sebagai Pencegah Gelombang Besar 

Gelombang besar dapat memporak-porandakan semua benda dan makhluk hidup yang ada di pantai. Agar hal tersebut tidak terjadi, di sinilah fungsi terumbu karang sebagai pencegah gelombang besar berperan. Sebelum mencapai pantai, gelombang besar akan mengenai terumbu karang sehingga gelombang yang sampai ke pantai menjadi kecil. 

Sebagai Objek Wisata Bahari 

Selain berbagai jenis ikan, terumbu karang juga dapat memperindah laut. Keindahan inilah yang dapat menarik wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, untuk menikmati terumbu-terumbu karang tersebut dan keindahan laut lainnya. 

Sebagai Pusat Penelitian 

Terumbu karang ditinggali oleh banyak ikan dan makhluk hidup laut sehingga dapat dijadikan sebagai pusat penelitian. Penelitian ini dapat dijadikan evaluasi tentang kehidupan di bawah laut. 

Sebagai Sumber Makanan 

Di dalam terumbu karang, hidup berbagai hewan kecil dan plankton yang menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan besar, bahkan burung-burung laut. 

Sebagai Tempat Tinggal Ikan Dan Hewan Laut 

Terumbu karang dapat menjadi tempat berlindung yang baik bagi ikan-ikan dan hewan-hewan laut. Maka tidak heran, banyak ikan dan hewan laut yang tinggal di terumbu karang. 

Keberadaan terumbu karang dapat menjdai kekayaan alam yang sangat indah. Selain itu, terumbu karang juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Karena itu, kita harus menjaga kelestariannya. 

Baca juga

Peringatan Hari Air Se-Dunia

Kegiatan bersama Komunitas Eco Enzym Nusantara dengan Penuangan Eco Enzyme secara ceremonial

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang