Kamis, 19 November 2020

Apa Saja Manfaat Lingkungan Hidup Alami Bagi Kehidupan?

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Lingkungan hidup alami terjadi karena adanya proses alam dan tanpa adanya campur tangan manusia. Semua unsur yang ada di dalamnya akan bekerja secara dinamis untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Lingkungan hidup alami memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan, seperti berikut ini.

  • Sebagai Penyedia Air, Semua makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, membutuhkan air untuk hidup. Karena itu, air menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan. Jika kekurangan air, dapat dipastikan makhluk hidup menjadi lemas, sakit, bahkan mati.
  • Sebagai Penyedia Mikroorganisme, Mikroorganisme sangat diperlukan untuk menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati. Melalui sebuah proses yang dilakukan oleh mikroorganisme, sisa-sisa tersebut akan menjadi tanah yang subur.
  • Sebagai Penyedia Oksigen, Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernapas. Sama halnya seperti air, jika kekurangan oksigen, makhluk hidup akan lemas, bahkan mati.
  • Sebagai Penyedia Sumber Daya Alam, Salah satu contoh sumber daya alam yang ada di lingkungan hidup alami adalah gas alam dan minyak bumi. Kedua sumber daya alam tersebut akan dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, gas alam dan minyak bumi akan diolah menjadi bahan bakar.
  • Sebagai Penyedia Tanah, Bagi tumbuhan, tanah berfungsi sebagai tempat hidup. Bagi manusia, tanah berfungsi sebagai tempat untuk berkebun, berladang, bahkan mendirikan rumah.
  • Sebagai Sumber Makanan, Di dalam lingkungan hidup alami terdapat berbagai unsur biotik dan unsur abiotik yang saling menguntungkan, seperti tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis, hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan, serta manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanan.
  • Sebagai Tempat Hidup,  Lingkungan menjadi tempat bagi makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan untuk berpijak. Selain itu, lingkungan juga menjadi tempat untuk beraktivitas dan berinteraksi.

Ternyata, manfaat lingkungan hidup alami sangatlah besar bagi kehidupan, baik bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan. Agar tidak terjadi kerusakan dan ketidakseimbangan lingkungan, kita wajib menjaga kelestarian lingkungan tersebut.

Baca juga

PROKLIM – Program Kampung Iklim

Program Kampung Iklim (PROKLIM) adalah sebuah appresiasi terhadap kegiatan masyarakat dalam melakukan

2 Komentar

  • Indri
    Jumat, 12 Agustus 2022

    Apa manfaat lingkungan bagi individu
    Dan apa manfaat lingkungan bagi masyarakat

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang