Kamis, 19 November 2020

0

Apa Saja Contoh Lingkungan Hidup Buatan?

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Photo by Chanan Greenblatt on Unsplash

Lingkungan hidup buatan terjadi karena adanya campur tangan manusia dengan menggunakan teknologi yang dimiliki, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Adapun contoh dari lingkungan hidup buatan adalah sebagai berikut.

1. Gedung Sekolah

Gedung sekolah digunakan sebagai tempat belajar dan berinteraksi, baik dengan teman maupun dengan guru. Berdasarkan tingkatannya, gedung sekolah dibagi menjadi gedung SD, SMP, dan SMU.

2 Jalan

Sebagai contoh lingkungan alam buatan yang banyak digunakan, jalan sangat membantu untuk berpindah tempat sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Agar aktivitas tersebut berjalan dengan lancar, jalan yang dilalui harus dalam kondisi baik.

3 Perkampungan

Perkampungan terbagi menjadi dua, yaitu perkampungan modern yang ada di kota dan perkampungan tradisional yang ada di desa atau tepi sungai. Di dalam perkampungan, terdapat banyak rumah yang terbuat dari berbagai material, seperti bambu, batu bata, dan kayu. Rumah-rumah tersebut digunakan sebagai tempat tinggal yang nyaman, tempat berteduh dari panas dan hujan, serta tempat berlindung dari benda dan hewan berbahaya.

4. Pasar

Pasar memang identik dengan tempat untuk bertransaksi jual beli. Selain itu, pasar juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi para pedagang. Di sini, masyarakat dapat membeli barang apa saja yang dibutuhkan sehingga semua kebutuhannya dapat terpenuhi.

5. Taman

Biasanya, lahan yang ditanami aneka bunga, pepohonan, dan tanaman hias ini dibangun di tengah perkotaan sebagai sarana rekreasi yang murah meriah. Selain itu, taman juga dapat digunakan sebagai paru-paru kota. Karena itu, taman harus dibuat alami, asri, dan rindang.    

6. Taman Bermain

Saat ini, sudah banyak taman bermain yang dibangun sebagai tempat rekreasi dengan menggunakan berbagai teknologi modern.di sini, masyarakat dapat menikmati berbagai wahana permainan yang menyenangkan dan menguji adrenalin.

7. Waduk

Waduk sering dianggap sebagai danau buatan manusia karena berbentuk cekungan besar yang berisi air. Waduk memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, antara lain sebagai pembangkit tenaga listrik, pusat pengairan ladang dan sawah, serta sarana rekreasi karena dilengkapi dengan wahana permainan air.

Itulah contoh lingkungan hidup buatan manusia dengan menggunakan teknologi, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern.

Baca juga

Peresmian TPS 3R

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3 Tahun 2013 menekankan bahwa pengurangan sampah

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2023. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang