Kamis, 19 November 2020

0

6 Upaya Konservasi Satwa Langka di Indonesia Agar Tidak Punah

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Upaya konservasi satwa langka di Indonesia – Indonesia memiliki satwa langka dan juga flora langka yang dilindungi. Sayangnya akibat kebakaran lahan, hutan dan kerusakan alam lainnya membuat fauna dan flora langka di Indonesia semakin berkurang. Contohnya saja kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Riau membuat satwa langka  Beruang Madu terancam kepunahan. Selain itu kebakaran lahan di Kalimantan membuat beberapa orangutan mati terbakar. Berkurangnya satwa langka tidak hanya terjadi di daratan namun juga di lautan. Misalnya saja adalah kasus ikan pesut yang dilindungi menjadi mati akibat tertangkap oleh jaring nelayan, padahal populasi ikan pesut tersebut terus berkurang. Oleh sebab itulah penting untuk melakukan konservasi terhadap satwa-satwa langka yang ada di Indonesia agar tidak punah. Berikut ini adalah upaya konservasi satwa langka di Indonesia yang bisa dilakukan:

upaya konservasi satwa langka di Indonesia

Image-www.thesundaily.my

Memberikan Edukasi dan Sosialisasi

Upaya konservasi satwa langka di Indonesia yang bisa dilakukan adalah memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat. Selama ini masyarakat tidak tahu jenis satwa apa saja yang dilindungi oleh pemerintah. Hal itu dikarenakan banyaknya jenis satwa yang dilindungi oleh pemerintah tersebut. Yang harus mendapatkan edukasi dan sosialisasi ini adalah masyarakat yang tinggal di pesisir laut dan juga yang ada di sekitar hutan untuk tidak membunuh atau memburu satwa langka yang dilindungi tersebut.

Mendukung Upaya Pelestarian Lingkungan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah masyarakat harus mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah maupun lembaga lainnya yang sedang melakukan pelestarian lingkungan. Cara mendukungnya adalah dengan memberikan bantuan finansial maupun moril dalam setiap kampanye yang dilakukan.

Membuat Penangkaran

Cara melestarikan satwa langka yang ada di Indonesia selanjutnya adalah dengan membuat tempat untuk penangkaran. Penangkaran tersebut bisa membuat satwa langka bisa berkembang biak agar tidak punah. Perkembangan biakan ini bisa menjaga satwa tersebut agar tidak punah.

Membuat Papan Larangan

Cara untuk melindungi satwa langka yang bisa dilakukan adalah dengan membuat papan larangan berburu. Dalam papan larangan tersebut bisa disertai dengan ancaman pidana atau sanksi jika perburuan tetap dilakukan. Saat ini sudah banyak yang melakukan cara ini contohnya saja adalah masyarakat di sekitar lereng Muria Jepara sudah memasang papan larangan untuk tidak berburu satwa langka yang ada di lereng tersebut terutama burung.

Melaporkan Orang yang Berburu Satwa Langka

Untuk melindungi satwa langka yang ada di Indonesia adalah melaporkan orang yang berburu satwa langka tersebut ke pihak yang berwajib. Hal ini bertujuan untuk membuat efek jera terhadap orang yang melakukan perburuan tersebut dan memberikan peringatan terhadap masyarakat lain yang ingin melakukan perbuatan serupa.

Hindari Transaksi Binatang Langka

Ditemukan beberapa kasus di Indonesia dimana masyarakatnya memperjual belikan satwa langka yang dilindungi seperti Burung Cenderawasih, Macan Dahan, Owa, Beruang Madu dan masih banyak lagi lainnya. Satwa langka tersebut bahkan di ekspor ke luar negeri dengan harga yang bervariasi.

upaya konservasi satwa langka di Indonesia

Image-ndikendii.blogspot.co.id

Demikianlah beberapa upaya konservasi satwa langka di Indonesia yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang