Kamis, 19 November 2020

0

5 Program Dinas Lingkungan Kota Semarang Sebagai Upaya Mewujudkan Kota Sehat Dan Bersih

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Program Dinas Lingkungan Kota Semarang, Kebersihan kota tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab warganya. Pemerintah memang sudah mengeluarkan program untuk menjadikan kota bersih dan sehat. Akan tetapi program saja tidak cukup, kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan menjadi factor utamanya. Dengan menjaga dua hal tersebut, banyak manfaat yang akan kita dapatkan, seperti terhindar dari bencana banjir dan tanah longsor.

Di kota-kota besar, sampah menjadi masalah utama yang dihadapi. Seringkali masyarakat tidak menyadari bahayanya sampah dan membuang sampah di sembarang tempat. Ya, memang sampah yang dibuang satu orang hanya sedikit, tetapi lama kelaamaan sampah yang tidak terurai oleh tanah itu dapat semakin banyak.

Bayangkan jika suatu kota dihuni oleh 4.000 jiwa, dan setiap harinya satu orang membuang sedikitnya satu sampah. Maka setiap harinya ada sedikitnya 4.000 sampah yang dihasilkan dan semakin lama akan terjadi penumpukan sampah. Jika sampah tersebut di buang ke sungai akan memicu terjadinya bencana banjir, jika dibakar akan menyebabkan penemaran udara, dan jika didiamkan akan menjadi kotor dan memberi kesan kumuh.

Begitu juga yang terjadi di Kota Semarang, sampah dan kelestarian lingkungan menjadi prioritas utama, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang berupaya mewujudkan visi nya dalam pembangunan perihal lingkungan hidup Kota Semarang untuk menuju masyarakat sejahtera. Adapun misi yang diusung oleh Dinas Lingkungan Kota Semarang adalah sebagi berikut:

  1. Meningkatkan pengawasan, pengendalian, serta pencemaran akibat pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA).
  2. Memulihkan kualitas Sumber Daya Alam dengan melakukan upaya konservasi.
  3. Meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  4. Mengembangkan dan informasi di bidang lingkungan dengan menerapkan sistem manageman lingkungan.
  5. Meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi dalam bidang lingkungan hidup.

Bagaimana cara mewujudkan lingkungan kota yang bersih dan sehat?

Dalam mencapai misi nya untuk menjadikan Kota Semarang yang bersih dan sehat, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang melakukan beberapa program. Berikut ini lima program yang ditempuh oleh Dinas Lingkungan Kota Semarang.

  1. Menjaga dan meningkatkan kualitas air dan dan mengendalikan pencemaran air

Pencemaran air disebabkan oleh limbah atau sampah. Cara mengatasi pencemaran ini ialah dengan menerbitkan aturan dan larangan membuang sampah dan limbah, baik ke suangai maupun ke lautan. Pemantauan kualitas air secara konsisten.

  1. Menjaga dan mengelola kualitas udara dan mengendalikan pencemaran udara

Pencemaran udara disebabkan oleh banyaknya asap, baik asap dari pabrik maupun asap kendaraan bermotor. Usaha untuk menanggulangi dampak pencemaran ialah diadakaannya penghijauan dengan membuat hutan kota. Pohon-pohon tersebut secara maksimal akan mengubah udara kotor yang mengandung karbondioksida menjadi oksigen. Banyaknya oksigen membuat lingkungan menjadi sehat, asri, nyaman, dan segar. Selain itu juga mewajibkan perusahaan-perusahaan memfilter asap terlebih dahulu sebelum membuangnya ke udara.

  1. Menyelenggarakan upaya pemulihan pesisir

Kerusakan pesisir merupakan akibat dari adanya abrasi pantai. Untuk menanggulanginya pemerintah kota Semarang melakukan upaya reboisasi kembali hutan mangrove.

  1. Melakukan sosialisasi dan pembinaan

Untuk mewujudkan Badan lingkungan hidup provinsi Jawa Tengah, hal utama yang harus dibenahi adalah perihal sampah. Masyarakat hendaknya sadar dan aktif berperan dalam pemilahan pengolahan sampah. Saat ini upaya yang dilakukan adalah dengan menggalakkan sosialisasi pemanfaatan sampah. Sebagai contoh sampah organic dapat diolah menjadi pupuk kompos dengan sangat mudah. Mengembangkan kreativitas dan ide inofatif untuk mendaur ulang sampah anorganik, seperti membuat kerajinan berbahan plastic, botol, kaleng.

Program-program yang dicanangkan Dinas Lingkungan Kota Semarang, hendaknya disikapi dan dilaksanakan secara bijak  oleh warganya agar tercipta kota sehat dan bersih di semarang. Demikian dan terimakasih.

lihat.co.id

Baca juga

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang