Kamis, 19 November 2020

0

5 Cara Pembuatan Pupuk Kompos dari Sampah Bekas yang Mudah

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Pembuatan pupuk kompos dari sampah bekas – Setiap rumah tangga pasti menghasilkan limbah baik itu limbah organik maupun limbah anorganik. Berbagai macam bentuk limbah  pun dihasilkan mulai dari yang cair maupun yang padat. Jika limbah tersebut tidak diolah dengan baik bisa mencemari lingkungan sehingga diperlukan pengolahan limbah yang baik dan benar. Salah satu pengolahan limbah yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah pembuatan pupuk kompos.  Sampah yang tadinya tidak berguna bisa diubah menjadi pupuk kompos yang lebih berguna. Simak cara pembuatan pupuk kompos dari sampah bekas berikut ini:

pembuatan pupuk kompos dari sampah bekas

1. Mengumpulkan Sampah

Cara pembuatan pupuk kompos dari sampah bekas yang pertama adalah mengumpulkan sampah.  Sampah yang Anda kumpulkan harus dipisah antara yang organik maupun yang non organik. Sampah yang bisa digunakan dan di daur ulang menjadi pupuk kompos adalah sampah yang organik. Anda bisa mendapatkannya dari sisa sayur segar yang tidak dimasak. Ketika Anda memasak sayur tentu ada bagian sayur yang tidak Anda masak misalnya saja adalah pada batang akar sayuran dan daun sayuran yang sudah tua.

2. Proses Pencacahan

Setelah Anda mengumpulkan semua sampah organik tersebut langkah selanjutnya adalah melakukan pencacahan yang bertujuan agar sampah organik tersebut menjadi lebih lembut. Buatlah sampah sayur organik menjadi berukuran 1 sampai dengan 2 cm.

3. Proses Pendiaman

Agar bisa menjadi pupuk kompos, Anda harus mendiamkan sampah organik yang sudah di cincang tersebut. Fungsi mendiamkan sampah organik tersebut agar terjadi pembusukan. Mempercepat proses pembusukan Anda bisa menggunakan larutan EM4 atau bisa juga menunggu sampah tersebut membusuk sendiri namun prosesnya lumayan lama.

4. Tutup Rapat

Mendiamkan sampah organik tersebut harus di tempat yang tertutup rapat dan kedap udara. Udara bisa membuat proses pembusukan tidak berjalan dengan sempurna. Akan lebih efektif jika Anda mendiamkan sampah organik tersebut di ember yang memiliki tutup rapat. Ketika Anda ingin menambahkan sampah harus ditambahkan larutan EM4 agar pembusukan bisa lebih sempurna dan merata.

5. Tunggu Sampai 2 Minggu

Diamkan pupuk tersebut selama 2 minggu lamanya agar pembusukan sempurna. Selama 2 minggu tersebut Anda harus mengaduk pupuk di dalam ember selama 3 hari sekali. Jangan terlalu sering mengaduk dan jangan terlalu jarang. Waktu maksimal untuk pengadukan adalah 3 hari sekali. Selama 2 minggu tersebut akan dua jenis pupuk kompos yang dihasilkan yaitu padat dan cair.

pembuatan pupuk kompos dari sampah bekas

Cara Penggunaan

Agar berfungsi maksimal, Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan pupuk tersebut untuk penanaman tumbuhan. Khusus pupuk yang padat harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara di angin-anginkan dan yang cair bisa langsung diaplikasikan di media tanam dengan catatan harus dicampurkan dengan air kapur sirih supaya tidak berbau, perbandingannya adalah 1:5 begitu pula dengan yang pupuk padat.

Kini Anda bisa membuat pupuk sendiri yang mana pupuk tersebut bisa menunjang produktivitas dalam sektor pertanian. Semoga cara pembuatan pupuk kompos dari sampah bekas yang dijelaskan diatas bermanfaat.

Baca juga

Apa komentar kamu?

Dinas Lingkungan Hidup merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang Lingkungan Hidup, bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sub urusan persampahan dan air limbah serta bidang Kehutanan

Kategori

Berita terbaru

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2021. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang