Kamis, 19 November 2020

3 Unsur Lingkungan Hidup

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Lingkungan hidup terbentuk karena adanya penggabungan antara benda hidup dan benda mati. Berikut ini adalah 3 unsur yang ada di dalam lingkungan hidup.

  1. Unsur Abiotik Unsur abiotik atau unsur fisika adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda mati dan sangat berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup, seperti air, angin, cahaya matahari, derajat keasaman, garam, kelembapan udara, suhu, dan tanah.
  2. Unsur Biotik Unsur biotik atau unsur hayati adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme kecil yang tidak terlihat. Berdasarkan kemampuan mendapatkan makanan, unsur ini dibagi menjadi tiga, yaitu:
  • Autotrof Autrotof disebut juga sebagai produsen karena dapat membuat makanan, baik untuk diri sendiri maupun untu korganisme lain. Ciri-cirinya adalah memiliki klorofil dan dapat berfotosintesis.
  • Heterotrof Heterotrof disebut juga sebagai konsumen karena mendapatkan makanan dari autrotof atau memakan sesama heterotrof dan tidak dapat membuat makanan sendiri.Heterotrof dibedakan menjadi tiga, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.
  • Dekomposer Dekomposer disebut juga sebagai pengurai karena bertugas menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati menjadi senyawa anorganik sehingga dapat menyuburkan tanah.Contoh dekomposer adalah bakteri, cacing, ganggang, dan jamur.
  1. Unsur Sosial Budaya Selain unsur abiotik dan unsur biotik, di dalam lingkungan hidup juga ada unsur sosial budaya berupa
  • Adat Istiadat :Adat istiadat berasal dari para leluhur dan harus dijaga kelestariannya oleh masyarakat yang menganutnya.
  • Hukum : Hukum diterapkan agar kehidupan berjalan dengan baik dan lancar. Jika hukum dilanggar, orang yang bersangkutan akan dikenakan sanksi.
  • Moral : Aturan dan norma yang berlaku di dalam masyarakat termasuk kedalam moral yang harus dipatuhi. Berbeda dengan hukum, seseorang yang melanggar moral tidak akan dikenakan sanksi.
  • Kepercayaan : Hubungan yang dibangun antara orang yang satu dengan orang yang lain harus dilandasi dengan kepercayaan. Agar kehidupan selalu rukun dan damai, kepercayaan harus dipegang teguh.
  • Kesenian: Kesenian menjadi simbol keindahan di suatu lingkungan yang dapat dipelajari atau diciptakan oleh siapa saja dan dari mana saja.

Itulah tiga unsur lingkungan hidup yang harus selalu kita jaga dan lestarikan untuk menghindari terjadinya ketidak seimbangan lingkungan.

Baca juga

Selamat Hari Bumi Sedunia

Tema Hari Bumi Sedunia 2021 adalah “Restore Our Earth” atau Pulihkan Bumi

6 Komentar

  • pratisto pramaiswara
    Selasa, 2 November 2021

    boleh minta sumbernya ga ya?

    • Daffa
      Rabu, 25 Mei 2022

      Emang kenapa

  • Sifa Ainur Alya Putri
    Rabu, 25 Mei 2022

    Apa yang diem itu kamu yang diem

  • Daffa nurhindasah putra
    Rabu, 25 Mei 2022

    Iya bener itu

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang