Kamis, 19 November 2020

3 Cara Mencegah Pembuangan Sampah di Sungai Yang Efektif

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Cara mencegah pembuangan sampah di sungai  perlu dilakukan oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan sungai berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat. Jika dibiarkan banyak sampah yang berserakan nantinya masyarakat sendiri yang akan merasakan dampaknya. Meski dibuang di sungai, sampah tersebut tidak akan bisa terurai atau membusuk sehingga sampah plastik akan tetap mengapung di atas permukaan sungai sehingga membuat sungai menjadi kotor dan kumuh. Untuk bisa menciptakan sungai bebas dari sampah, simak beberapa cara mencegah pembuangan sampah di sungai  berikut ini:

image – jawapos.com

Spanduk Peringatan

Untuk bisa memberikan peringatan kepada masyarakat atau kepada pengemudi jalan yang membuang sampah sembarangan bisa dengan cara membuat spanduk peringatan. Spanduk tersebut bisa dipasang di sekitar jembatan yang dekat dengan sungai. Dengan spanduk peringatan tersebut diharapkan masyarakat atau pengemudi yang lewat dekat sungai tersebut sadar untuk tidak membuang sampah di sungai.

Cara ini sudah banyak dilakukan di beberapa sungai yang ada di Klaten seperti Sungai Cewok Dukuh Kranggan Baru Desa Kebon Alas Kecamatan Manisrenggo Klaten.  Uniknya spanduk tersebut tidak hanya berisi larangan membuang sampah biasa namun tulisannya begitu ekstrem sehingga membuat masyarakat menjadi takut untuk membuang sampah di sungai tersebut. Contohnya saja adalah orang yang membuang sampah di sungai itu bisa masuk neraka atau bahkan bisa sampai kehilangan nyawa.

Bank Sampah

Cara mencegah pembuangan sampah di sungai  adalah masyarakat bisa mendirikan Bank Sampah. Bank sampah sudah banyak dilakukan di Yogyakarta yang mana setiap warga yang sudah menjadi anggota bank tersebut harus menyetorkan sampah ke bank sampah tersebut. Nantinya sampah yang sudah dikumpulkan akan di daur ulang menjadi sesuatu yang lebih berguna. Bahkan ada beberapa UKM yang memanfaatkan sampah tersebut menjadi barang-barang yang lebih berguna seperti tas, dompet, dan masih banyak lagi lainnya.  Jika setiap daerah menerapkan bank sampah ini nantinya volume sampah di sungai bisa dikurangi.

Tempat Pembuangan Sampah Kolektif

Upaya menanggulangi pembuangan sampah yang terakhir adalah dengan mendirikan tempat pembuangan sampah kolektif. Banyak yang sudah memiliki tempat sampah di rumah namun bingung kemana harus membuangnya sehingga sungai menjadi sasaran tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Oleh sebab itu tempat pembuangan sampah kolektif atau bersama-sama bisa menjadi pilihan untuk menanggulangi pembuangan sampah di sungai. Sampah di setiap rumah akan dijemput oleh gerobak sampah seminggu sekali untuk dikumpulkan di tempat sampah kolektif tersebut. Nantinya akan ada truk sampah yang mengangkut sampah tersebut menuju ke tempat pembuangan akhir sampah.

Image – mblusuk.com

Agar masyarakat semakin sadar untuk tidak membuang sampah di sungai, harus ada sosialisasi yang membahas tentang dampak buruk membuang sampah di sungai tersebut. Selain itu bisa dilakukan beberapa cara mencegah pembuangan sampah di sungai  seperti yang dijelaskan diatas agar masyarakat menjadi sadar untuk menjaga kebersihan sungai dari sampah.

Baca juga

Contoh Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami adalah lingkungan hidup yang terbentuk karena proses alam dan

2 Komentar

  • Senin, 6 Januari 2020

    sampah dipilah jelas dilaksanakan,sisanya yg tdk mungkin dpt diapa apakan kecuali mengganggu lingkungan yg kondisinya amit amit kotor dan baunya yg gak enak,untuk apa kalo tdk dibakar,sesuai aturannya(uu no 18 th 2008 utamanya psl 29 huruf g)dan masalah sampah teratasi tuntas total klik teknologitpa.blogspot.com

  • Senin, 15 Agustus 2022

    Bagi saya berikan peraturan terhadap seluruh rakyat Indonesia untuk membuang sampah pada tempatnya jika melanggar kenakan denda karena begini Indonesia urutan 3 penyumbang sampah terbanyak dan jika dalam waktu ukur 1tahun/berapa lah, sampah diindonesia trutama plastik tidak menurun makan kenakan sanksi/denda terhadap seluruh WNI

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang