Kamis, 19 November 2020

2 Teknologi Daur Ulang Sampah Skala Kecil dan Besar

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Teknologi daur ulang sampah – Sampah haruslah di daur ulang agar tidak mencemari lingkungan. Di saat teknologi semakin canggih seperti saat ini tentunya ada terobosan terbaru untuk membuat sampah menjadi mudah di daur ulang. Dengan adanya teknologi tersebut diharapkan sampah bisa menjadi berkurang dan lingkungan kembali bersih. Sampah terdiri dari dua macam yaitu sampah anorganik dan juga sampah organik. Untuk mendaur ulang kedua sampah tersebut berbeda sehingga diperlukan teknologi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa teknologi daur ulang sampah yang sangat canggih dan bermanfaat:

Sampah Plastik Kemasan Sachet

Teknologi Daur Ulang Sampah

Image -unilever.com

Salah satu sampah yang bisa di daur ulang dengan teknologi adalah sampah kemasan atau plastik. Kita tahu saat ini berbagai macam makanan maupun minuman terbungkus dari plastik berbeda dengan zaman dahulu dimana pembungkusnya terbuat dari daun.  Saat ini Unilever membuat teknologi untuk mendaur ulang sampah namanya adalah CreaSolv® Process. Teknologi ini di klaim mampu digunakan untuk bisa mendaur ulang berbagai macam plastik termasuk juga yang kemasan sachet. Pihak Unilever bekerja sama dengan Fraunhofer Institute yang ada di Jerman sehingga kecanggihan teknologinya tidak perlu diragukan lagi.

Unilever sendiri merupakan salah satu perusahaan ternama di Indonesia yang pusatnya berada di Rotterdam. Perusahaan ini memproduksi makanan, minuman, pembersih dan lain sebagainya yang pembungkusnya terbuat dari plastik. Untuk mengurangi dampak limbah plastik tersebut Unilever mengeluarkan teknologi yang bisa digunakan sebagai penanggulangan sampah plastik yang dihasilkannya tersebut. Plastik yang dibuat oleh Unilever kemasannya fleksibel karena mengandung polietilena bisa di daur ulang dan digunakan kembali sehingga limbah plastik tersebut bisa digunakan untuk bahan baku plastik lagi. Teknologi CreaSolv® Process ini akan membuat plastik di daur ulang menjadi bagian yang lebih kecil kemudian nantinya bisa digunakan untuk bahan baku plastik kemasan kembali.

Mesin Composting

Teknologi Daur Ulang Sampah

Image-Kompos.biz

Teknologi daur ulang sampah selanjutnya adalah mesin composting. Sesuai dengan namanya mesin ini bisa digunakan untuk mendaur ulang sampah organik yang dihasilkan oleh limbah rumah tangga maupun limbah masyarakat. Mesin composting sederhana bisa mengurangi sampah baik skala kecil maupun skala besar. Struktut mesin composting ini cukup sederhana yang mana hanya membutuhkan ember yang mana sudah ada penggilingnya yang digunakan sebagai penggiling sampah tersebut. Jika sampah sudah digiling nantinya akan diberikan larutan untuk membuat sampah tersebut menjadi busuk dan bisa digunakan sebagai pupuk. Selain itu diperlukan saluran udara di dalam ember. Berbagai jenis sampah baik itu yang basah maupun yang kering bisa dimasukkan ke dalam mesin composting tersebut untuk di daur ulang menjadi kompos.

Sampah organik maupun anorganik haruslah bisa di daur ulang agar tidak mencemari lingkungan. Jika lingkungan sudah tercemar maka kualitas kehidupan manusia menjadi  menurun. Hal itu dikarenakan manusia sangat bergantung terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Dengan teknologi daur ulang sampah yang telah disebutkan diatas diharapkan sampah mejadi berkurang dan tidak mencemari lingkungan.

Baca juga

3 Unsur Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup terbentuk karena adanya penggabungan antara benda hidup dan benda mati.

1 Komentar

  • Bambang Partono
    Rabu, 29 Juli 2020

    Dalam sekala kecil upaya kita semua telah berjalan sangat baik dan berguna sekali dalam menangani masalah sampah, seperti sampah rumah tangga,sisa makanan, bahan kemasan seperti plastik,limbah cair minyak dan lain sebagainya; kita tinggal meningkatkan peran masyarakat. Tetapi kalau kita melihat pencemaran dan pengrusakan dalam sekala besar yang melibatkan industri besar dan pemerintah, yang mau tidak mau mesti berhadapan dengan kekuatan politik;Apa yang bisa kita(rakyat kecil) lakukan???

Apa komentar kamu?

Jalan Tapak, Tugurejo, Semarang,
Jawa Tengah, 50151
Jam Pelayanan:
Sen – Jum: 08:00 – 16:00 WIB

Temukan Kami

Hubungi Kami

Copyright © 2024. Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang